Al Qur’an Sumber Keimanan dan Kekuatan, Peduli Dunia Pendidikan, LAZ ‘Zakat Sukses’ Bangun Gedung RTS Pondok Qur’an Subulun Najjah

DEPOKUPDATE.ID, CIMANGGIS – Lembaga Amil Zakat (LAZ) Zakat Sukses merupakan lembaga membangun atau bermitra dengan pondok pesantren mauapun Lembaga Tahfidz sebagai sarana tempat belajar dengan gratis bagi warga. Selaras dengan program pembangunan pemerintah guna membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Dalam hal ini, untuk membantu pelajar dan mahasiswa yang akan menyelesaikan wisuda kubroh 30 juz bernama Rumah Tahfidz Sukses (RTS) pondok Qur’an Subulun Najjah memerikan bantuan dan mensuport dibidang pendidikan.

Acara ini berlokasi di Majelis Istighosah Al Bahri Jln. Putri Tunggal Kelurahan Harjamukti Kecamatan Cimanggis Kota Depok pada Minggu (25/12/2022).

Bacaan Lainnya

Direktur LAZ Zakat Sukses, Sunarto Zulkifli, S.TP., M.M mengatakan, bahwa pendidikan Alquran kepada anak-anak, tidak hanya menjadi kewajiban pondok pesantren saja, melainkan kewajiban semua elemen masyarakat.

“Alhamdulillah, tahun ini salah satu RTS yaitu Pondok Pesantren Qur’an Subulun Najjah melaksanakan acara “Wisuda Tahfizh 30 juz ke-6 dan Haflah Akhirus Sanah,” kata Sunarto Zulkifli, S.TP., M.M, Minggu (25/12/2022) kepada media online ini di acara wisuda.

Menurut Sunarto, kali ini LAZ Zakat Sukses mengangkat tema “Al Qur’an Sumber Keimanan dan Kekuatan.” Sejalan dengan tujuan Pembangunan Global SDG’s Nomor 4 yaitu Menjamin Kualitas Pendidikan
yang Inklusif dan Merata dan Meningkatkan Kesempatan Belajar sepanjang hayat untuk semua anak anak kita.
“Ini kewajiban semua umat. Kewajiban orang tua dan masyarakat untuk ikut mendidik anak-anak. Jika sudah bersentuhan dengan Alquran, sudah menjadi tugas kita bersama memberikan pembelajaran Alquran kepada anak-anak kita,” ucapnya.

Bantuan pendidikan yang di berikan ini lanjut Sunarto, guna meringankan beban mereka yang akan menyelesaikan wisuda. Program ini bertujuan untuk menciptakan generasi pembelajar dan pengajar Al-Qur’an serta berkarakter Islami.
“Kita berharap bantuan dana pendidikan ini dapat di manfaatkan sebaik mungkin sebagai bentuk kepedulian terhadap pelajar dan mahasiswa mentawai” tutur Sunarto.

Selain itu dia juga mengajak kepada seluruh Masyarakat Kota Depok untuk menyalurkan zakatnya ke LAZ Zakat Sukses dan zakat ini nantinya guna membantu masyarakat baik di bidang pendidikan maupun peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat.
“Kami mensuport membangun gedung untuk Rumah Tahfidz dan oprasionalnya kita suport, ada juga di Sukmajaya kita siapin rumah untuk lansia,” ucapnya.

“Karena zakat yang di kumpulkan ini akan bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan khususnya warga masyarakat Kota Depok,” tuturnya.

Lebih lanjut Sunarto menjelaskan, bantuan dana pendidikan untuk pelajar dan mahasiswa yang disalurkan oleh Zakat Sukses ini merupakan program kegiatan mendukung peningkatan dan pemerataan pendidikan bagi pelajar dari keluarga yang kurang mampu.
“Kami mendorong agar anak-anak dari keluarga kurang mampu juga harus mengikuti pendidikan formal, masalah biaya pendidikan dapat dicarikan solusi dari berbagai sumber,” tutur Sunarto mengakhiri. Sekedar di ketahui, bahwa Zakat Sukses miliki program lima pilar yaitu selain Pendidikan gratis, Program Kesehatan, Program Ekonomi, Program Sosial dan Program Dakwah.

Lurah Harjamukti Sukmara Wirakusumah

Sementara itu Lurah Harjamukti Sukmara Wirakusumah menuturkan, adanya ponpes yang memiliki program TahfidZ Al qur’an sangat selaras dengan program Pemerintah Kota Depok, yang telah mencanangkan program hafidz qur’an. Jadi ini sangat nyambung dan mendukung sekali apa yang dilakukan oleh ponpes Subulun Najjah ini.
“Kami sangat bangga adanya ponpes yang mencetak hafidz, Kami mewakili pak Wakil Walikota dan pak Sekda Kota Depok, mengapresiasi atas kegiatan ini dan kita sepakat bahwa keberadaan Ponpes merupakan salah satu benteng bagi anak-anak dalam menghadapi era globalisasi,” papar Sukmara.

Sukmara menambahkan, Era globalisasi ini kedepan memberikan ancaman besar. Dampaknya sudah banyak seperti yang sudah kita rasakan bersama-sama, seperti dampak pornografi, dampak narkoba dan dampak lain yang justru menurunkan akhlak anak-anak. Sehingga kita akan kembali ke pesantren sebagai sebuah lembaga yang tidak hanya membentuk orang pinter tapi juga bener.

“Kami mengharpkan pondok Qur’an Subulun Najjah, mampu mecetak santri berakhlaq mulia,  berbadan sehat, kreatif, berpengtahuan luas dan berfikiran terbuka, berjiwa ikhlas kebersajahaan, berukuwah islamiyah dan berdikari,” tutup Lurah. (ari).