Sekda Kota Depok Buka Sekolah Ayah Bunda Spesial Khusus ABK, Ayah Bunda Berdaya Anak Bahagia

Penulis: Adi Apeng
Editor: Adi

depokupdate.id, Depok – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok membuka Sekolah Ayah Bunda (SAB) Spesial untuk orang tua yang memiliki Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Sekolah Ayah Bunda kembali menggelar sebagai upaya mewujudkan Depok sebagai kota ramah keluarga, pada Sabtu (10/06/2023) di lantai 10 gedung Baleka Kota Depok.

“Sekolah Ayah Bunda Spesial (SAB) khusus ABK hadir untuk membantu Ayah Bunda menciptakan hubungan yang harmonis dengan pasangan, menjadi orang tua yang berdaya, dan mendampingi Ayah Bunda dalam menemani tumbuh kembang Ananda yang spesial,” kata Sekda H Supian Suri, Sabtu (10/06/2023) usai menghadiri acara tersebut.

Supian mengatakan, keberadaan Sekolah Ayah Bunda ini sebagai upaya Pemerintah mencegah terjadinya kekerasan anak. Hal ini karena anak menjadi bagian penting dalam rumah tangga, dan menjadi aset bangsa yang berharga. “Kehebatan suatu bangsa dimulai dari unit terkecil keluarga. Saat keluarga sudah kokoh, maka bisa menjadi solusi dari permasalahan bangsa,” ujarnya.

Sekda menginginkan, kepada 25 pasang pertama ayah dan bunda yang mengikuti sekolah bisa menjadi trainer, yang bisa membagi ilmunya dengan pasangan yang lainnya.

Bacaan Lainnya

Dengan demikian, ke depan keinginan Pemkot Depok menjadikan pasangan ayah bunda berdaya untuk anak yang bahagia di Depok dapat terwujud. “Kami harapkan yang sudah mendapat ilmu bisa menularkan ke orang-orang sekitarnya. Agar terwujud Ketahanan Keluarga yang kokoh di Kota Depok,” bebernya.

“Semoga dengan kehadiran Sekolah Ayah Bunda (ABK) bisa menguatkan pembangunan keluarga di Depok menuju masyarakat berkualitas dan sejahtera,” harapnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Depok Nessi Annisa Handari mengatakan, Sekolah Ayah Bunda (SAB) Spesial untuk orang tua yang memiliki Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) dan program kali ini diikuti 25 pasangan suami istri (pasutri), berstatus warga Kota Depok.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Depok Nessi Annisa Handari, saat memberikan keterangan pers

“SAB Spesial ini pengembangan dari inovasi sekolah ayah bunda umum dan tidak dipungut biaya (gratis). Peserta wajib memiliki KTP Depok, buku nikah, kartu keluarga, dan bersedia hadir selama enam kali pertemuan,” kata Nessi.

Nessi menuturkan, pihaknya berupaya agar ayah dan bunda semakin berdaya untuk membantu anak bahagia dan berkembang potensinya. Terlebih jika dikaruniai anak spesial sehingga membutuhkan bekal yang lebih spesial lagi.

“Anak adalah anugerah dari Tuhan. Mendidik dan mendampingi anak membutuhkan keteladanan, ilmu dan penanganan yang tepat sesuai kebutuhannya,” ucapnya.

“Semua anak unik dengan potensi yang berbeda. Sekolah Ayah Bunda Spesial (ABK) hadir untuk membantu Ayah Bunda menciptakan hubungan yang harmonis dengan pasangan, menjadi orang tua dalam menemani tumbuh kembang ananda yang special,” jelasnya.

Menurut Nessi, ada beberapa materi yang akan diberikan meliputi ayah tangguh, ketahanan keluarga, cinta dan seksualitas, membangun chemistry dengan pasangan, stimulasi sensori integrasi, sinergitas antara sekolah dan rumah, lembaga terapi dan sekolah, serta pendampingan orang tua anak special.

“Ayah bunda akan mendapatkan alat tulis, snack, makan siang, sertifikat, dan modul. Jadi saya mengajak Ayah Bunda sekalian dengan mendaftar melalui link yang tertera,” tutupnya. (Adi).

Pos terkait