Wakil Wali Kota Tinjau Pelayanan Publik di Dibaleka II Kota Depok

Reporter: YN
Editor: PRM

MARGONDA,depokupdate.id – Sebelum menjalani rutinitas harian, Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono menyempatkan diri meninjau sejumlah pelayanan publik di Lantai 1 Gedung Dibaleka II Balai Kota Depok, Selasa (11/06/24).

Kunjungan IBH sapaan akrab Wakil Wali Kota Depok itu dilakukan untuk melihat langsung kinerja pegawai Pemkot Depok dalam melayani masyarakat, mulai dari layanan kependudukan dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), pembuatan surat AK-1 (kartu kuning) Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) hingga layanan Dinas Sosial (Dinsos) Depok.

Kunjungan IBH tetsebut mengejutkan para petugas dan masyarakat yang tengah mengurus berbagai pelayanan di loket-loket yang tersedia.

“Saya ke sini mendadak untuk melihat pelayanan yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Depok, baik terkait kependudukan, pelayanan surat AK-1 dan pelayanan dinas sosial,” ujarnya.

Dalam kunjungannya, IBH bertemu langsung dengan warga yang sedang mengakses layanan, banyak dari mereka yang mengungkapkan rasa syukur dan puas dengan pelayanan yang diberikan Pemkot Depok.

Menurutnya, pelayanan yang cepat, mudah dan gratis adalah kunci kenyamanan bagi warga Kota Depok.

“Tidak ada calo, no calo-calo, Alhamdulillah saya bersyukur kalau kondisinya begini InsyaAllah Kota Depok menjadi kota yang nyaman dan friendly city, bersahabat dengan para pendatang maupun bagi warga Depok yang ingin tinggal di sini,” tambahnya.

Aplikasi Bursa Kerja Online dari Disnaker telah membantu sekitar 5000 orang dalam setahun terakhir, dengan 2000 orang berhasil mendapatkan pekerjaan, baik di dalam maupun luar negeri.

BACA JUGA:  Kaleidoskop Diskominfo 2024: Berbagai Penghargaan Diraih Hingga Penyediaan Jaringan Internet Gratis untuk Masyarakat

Hal tersebut menunjukkan bahwa angka pengangguran di Depok semakin berkurang.

IBH tekankan pentingnya peningkatan fasilitas untuk kenyamanan warga, seperti tempat duduk, fasilitas minum gratis dan ruang bermain anak.

“Peningkatan yang kita lakukan adalah peningkatan fasilitas kenyamanan, fasilitas minum gratis, sehingga mereka lebih nyaman,” jelasnya.

Dirinya juga menekankan pentingnya kepastian waktu pelayanan. Sebab yang diharapkan adalah kepastian dari pelayanan yang didapat oleh warga.

“Saya lihat semua sudah dilakukan dengan baik oleh Dinas Kependudukan, Dinas Sosial, maupun Dinas Tenaga Kerja,” katanya.

Selain itu, layanan pengaduan online melalui Depok Single Window (DSW) juga menjadi perhatian.

“Kita ada pengaduan secara online melalui DSW terhadap pelayanan-pelayanan yang ada. Alhamdulillah, untuk pelayanan kemasyarakatan saya lihat hari ini sudah sangat bagus. Tinggal pengaduannya kita tingkatkan lagi, sehingga kalau ada oknum-oknum yang ingin menjadi calo harus segera dicegah,” tegas IBH.

Ia berharap pelayanan publik di Kota Depok terus meningkat dan semakin dipercaya oleh masyarakat.

” Semoga masyarakat Depok merasakan kenyamanan, kemudahan dan cepat dalam pelayanan itu,” tandasnya.

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Silakan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: depokupred.com@gmail.com

Pos terkait