Dinkes Depok Roadshow Pencegahan Perokok Usia Dini

Reporter: YN
Editor: PRM

DEPOKUPDATE.ID – Dalam upaya pencegahan perokok pemula diusia dini (peserta didik dasar-red), Dinkes Kota Depok lakukan skrining terhadap perilaku merokok dikalangan murid sekolah dasar.

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok melakukan serangkaian kegiatan roadshow dengan mengunjungi 63 Sekolah Dasar Negeri (SDN) di seluruh wilayah Depok.

Kepala Dinkes, Mary Liziawati, menjelaskan bahwa skrining tersebut bertujuan untuk menganalisis kecenderungan merokok di antara siswa SD. Dalam skrining tersebut, mereka bekerja sama dengan Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas setempat. “Kami menggunakan CO Analyzer untuk mengukur kadar karbon monoksida dalam paru-paru,” kata Mary, Rabu (08/05/2024). Kegiatan ini berlangsung dari 3 Mei hingga 7 Mei 2024.

Selain pengukuran, tim juga melakukan wawancara langsung dengan siswa, menanyakan tentang berbagai aspek seperti karakteristik siswa dan orang tua, pengetahuan tentang rokok serta paparan perilaku merokok.

BACA JUGA:  KPU Depok Optimalkan Sosialisasi Pemutakhiran Data Pemilih 

Mary berharap skrining ini dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang bahaya merokok dan mencegah mereka menjadi perokok pemula.

“Ini akan memberikan dasar yang kuat untuk langkah-langkah pencegahan di masa depan,” harapnya.

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Silakan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: depokupred.com@gmail.com

Pos terkait