Peringati Hari Kebebasan Pers Dunia, SWI Depok Menggelar Dialog Publik

Penulis: YN
Editor: PRM
Foto bersama
Foto bersama

PANCORAN MAS, depokupdate.id – DPD Sekber Wartawan Indonesia (SWI) Kota Depok menggelar Dialog Publik dengan tema Perpres Publisher Rights Mendukung atau Menyandera Jurnalisme Berkualitas, di Balai Rakyat Depok Jaya, Kamis (30/5/2024) dirangkai dengan skrining kesehatan gratis berkolaborasi dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok dan Prodia.

Kegiatan yang digelar dalam rangka memperingati Hari Kebebasan Pers Sedunia (HKPS) menghadirkan narasumber Ahli Pers Dewan Pers Kamsul Hasan, Sekjen SWI Herry Budiman dan Ketua Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Jawa Barat Sonny Fitrah, dan moderator Wakil Ketua Umum SWI Putra Gara, kegiatan ini dibuka resmi oleh Ketum SWI yang diwakili Bendahara Umum SWI Anwar Nurdin.

Sebelumnya, juga dilaksanakan peluncuran Komite Pers Kota Depok (KPKD) yang terdiri dari 10 organisasi dan Komunitas wartawan yang ada di Kota Depok.

Bacaan Lainnya

Ketua Panitia HKPS SWI Kota Depok Aldimas Pramudya menyampaikan kegiatan Dialog Publik ini untuk menambah wawasan kita terkait Perpres Publisher Rights.

“Kami ucapkan terima kasih dan penghargaan kepada teman-teman senior, bapak ibu yang bersedia menghadiri acara ini. Terima kasih juga buat Dinkes, Prodia, BJB, Tirta Asasata, dan BPJS Ketenagakerjaan atas supportnya sehingga acara terlaksana baik” ucapnya.

Senada, Ketua DPD SWI Kota Depok Dindin Syarifuddin dalam sambutannya mengatakan, pembahasan tentang Perpres Publisher Right menjadi tema dialog, lantaran belum cukup banyak para insan pers yang memahami dan mendalami peraturan tersebut.

“Sehingga, ini perlu kami sampaikan kepada rekan-rekan jurnalis di Depok, agar kita semua dapat memahami Perpres tersebut dengan baik” ucapnya.

Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok Yuliandi, sangat mengapresiasi kegiatan HKPS dan berkolaborasi dengan Dinkes Depok.

“Pemerintah Kota Depok, sangat mengapresiasi kegiatan memperingati Hari Kebebasan Pers Sedunia yang dilaksanakan SWI Kota Depok, ini merupakan tonggak sejarah kebebasan pers seluruh dunia.”ujarnya.

Dirinya juga berharap, SWI Depok dan insan pers Kota Depok seluruhnya, terus berkolaborasi dan bersinergi dalam pembangunan kesehatan.

“Semoga ini akan selalu terjalin dalam upaya kita mewujudkan Depok yang Maju, Berbudaya dan Sejahtera,” ungkap Yuliandi dalam sambutannya.

Acara Dialog Publik yang berlangsung lebih dua jam itu, dihadiri Ketua Forward Tuhari Arek didampingi Sekretarisnya Torben Rando, Ketua IPJI Depok Anis Muriani, Ketua AWAN Andre Tambunan, Ketua PWOIN Benny Gerungan, Ketua PJPM Deni, Ketua Mitra Pers Depok (MPD) Joko Warihnyo, Ketua KJD Johanes Hutapea dan Sekretarisnya Denny.

Terlihat juga Ketua Sahabat Jurnalis Depok Priyadi, perwakilan PWRI B Tony Yusep, perwakilan Satpol PP Depok Hanif, perwakilan Kodim 0508/Depok Kapten.inf. Dwi Pamuji dan Kabid Politik dan Ormas Bakesbangpol Depok, serta para insan pers Kota Depok.

Pos terkait