Tingkatkan Kapasitas SDM, PMI Kolaborasi dengan Dinas Damkar

Reporter: YN
Editor: PRM
DOK. PMI DEPOK
DOK. PMI DEPOK

GDC,depokupdate.id – Tingkatkan kapasitas sumber daya manusia (SDM), Relawan Palang Merah Indonesia (PMI) dan Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) serta Penyelamatan Kota Depok kolaborasi dalam mengatasi penanggulangan bencana dan operasi penyelamatan di daerah, kedua belah pihak sepakat melakukan penandatanganan kerja sama atau Momerandum of Understanding (MoU).

Kerjasama tersebut meliputi pelatihan, koordinasi, pemberian akses informasi, fasilitasi donor darah dan lain sebagainya.

“Kami melakukan penandatangan MoU dengan Dinas Damkar, karena sama-sama ada kaitan dengan misi kemanusiaan, sehingga kerjasama ini dirasa perlu,” ujar Ketua PMI Kota Depok Dudi Mi’raz, di Kantor Dinas Damkar GDC, Jumat (21/06/2024).

Dirinya mengatakan bahwa ada beberapa ruang lingkup kerja sama yang meliputi pemeriksaan kelayakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) dan alat sistem proteksi kebakaran di dalam gedung PMI Kota Depok selama satu tahun sekali.

Kemudian, pemanfaatan sarana dan prasarana (sarpras) yang dimiliki PMI Kota Depok dalam rangka operasi penanggulangan kebakaran dan bencana lainnya oleh Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Depok.

BACA JUGA:  HUT PMI ke-74, PMI Depok Gelar Berbagai Kegiatan

“Selanjutnya dilakukan sosialisasi dan praktik lapangan kepada semua unsur PMI Kota Depok tentang cara pemadaman kebakaran. Sebaliknya, kami juga melakukan peningkatan kapasitas SDM personel Damkar dalam melakukan pertolongan pertama melalui pendidikan dan pelatihan, serta fasilitasi donor darah,” katanya.

Dudi menjelaskan, kerja sama ini berlaku selama tiga tahun dan dapat diperpanjang sesuai kesepakatan untuk tingkatkan kapasitas SDM.

“Pada 2018 kami pernah melaksanakan kerja sama serupa. Saat ini kita jalin lagi dan mudah-mudahan dengan adanya kerja sama ini dapat memperkuat kinerja satu sama lain,” tandasnya.

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Silakan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: depokupred.com@gmail.com

Pos terkait