Rapat Kerja Komisi C DPRD Depok Tingkatkan Kolaborasi dengan Mitra Kerja Pemkot

Reporter: YN
Editor: PRM

GDC,depokupdate.id – Rapat Kerja Komisi C DPRD Kota Depok dengan mitra kerja Dinas bidang Infrastruktur dan pembangunan berjalan dengan lancar, Selasa (24/12/ 2024) di ruang kerja komisi C.

Rapat tersebut dihadiri mitra kerja Dinas Pemerintah Kota Depok, diantaranya DPUPR, Dinas Rumkim, Dinkes, Disdik, Damkar, DLHK serta jajaran Pemkot Depok.

H.Bambang Sutopo mengatakan, capaian kinerja dan kegiatan ditahun 2024 ini sdh mencapai 98 persen.

“Terima kasih atas kerjasama Mitra kerja Dinas Pemerintah Kota Depok, InsyaAllah akhir tahun 2024 ini bisa tercapai 100 persen,” tuturnya.

Laporan kerja akhir tahun dengan Mitra Dinas Pemkot Depok dengan Komisi C (Bidang Infrastruktur dan Pembangunan) adalah utk menggambarkan kinerja dan capaian program kerja yang telah dilaksanakan selama setahun. Berupa :

1. Evaluasi Kinerja Program dan Proyek

Capaian Fisik dan Non-Fisik: Apakah target fisik pembangunan infrastruktur tercapai sesuai rencana? Bagaimana dengan capaian non-fisik, seperti peningkatan layanan publik?

Efisiensi dan Efektivitas Anggaran: Apakah anggaran yang dialokasikan telah digunakan secara optimal? Apakah ada efisiensi dalam pelaksanaan proyek?

Proyek Strategis: Laporan atas proyek strategis (misalnya, pembangunan jalan, saluran drainase, fasilitas publik, dll.) yang menjadi prioritas tahun tersebut.

2. Penyerapan Anggaran

Tingkat Penyerapan Anggaran: anggaran yang berhasil diserap dari total yang dialokasikan sekitar 98 %.

Hambatan dalam Penyerapan: Identifikasi kendala yang menyebabkan serapan anggaran tidak optimal, jika ada.

3. Masalah dan Tantangan

Masalah teknis di lapangan, seperti keterlambatan proyek, kualitas hasil pembangunan, dll

Adanya Dampak dan faktor cuaca terhadap pelaksanaan proyek dilapangan.

4. Koordinasi dengan Mitra Kerja

BACA JUGA:  Pemkot Depok Berikan Penghargaan kepada Pemuda Pelopor Berprestasi

Alhamdulillah terjadi Sinergi dengan Komisi C, koordinasi antara Dinas terkait dengan Komisi C dalam pelaksanaan program kerja.

5. Pelibatan dan Partisipasi Masyarakat

Adanya Keluhan Publik atau masukan dari masyarakat terkait pembangunan yg telah dilaksanakan, perlunya perbaikan jalan lingkungan yg rusak akibat alat2 berat dan pekerjaan yg telah dilaksanakan.

6. Rekomendasi untuk Tahun Berikutnya

Perbaikan dan Pengembangan Program untuk memperbaiki kekurangan yang ada.

Adanya Usulan prioritas pembangunan untuk tahun mendatang berdasarkan kebutuhan masyarakat dan visi Pemkot Depok.

Perlunya Strategi Penyerapan Anggaran, dalam upaya utk meningkatkan penyerapan anggaran agar lebih efektif dan efisien.

7. Dokumentasi dan Data Pendukung

Adanya laporan Rincian proyek yang telah dilaksanakan, termasuk lokasi, anggaran, pelaksana, dan hasil.

Perlu adanya Foto dan Video Dokumentasi proyek/ visual proyek untuk mendukung laporan tertulis.

Adanya Data Statistik: Data kuantitatif yang memperkuat laporan kinerja, seperti panjang jalan yang dibangun, jumlah fasilitas yang diperbaiki, dll.

Laporan ini menjadi dasar untuk diskusi dan evaluasi antara Komisi C dan Mitra Dinas utk membantu menentukan langkah strategis untuk pembangunan di tahun berikutnya.

Harapannya kedepan semoga bisa lebih ditingkatkan serta tetap bersinergi kolaborasinya dalam merancang Penyusunan Rencana Kerja 2025 sehingga dapat berkontribusi luas, berdampak luas kepada Masyarakat dan warga Kota Depok.

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Silakan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: depokupred.com@gmail.com

Pos terkait