Depok, depokupdate.id – Dinas Pendidikan (Disdik menggelar Refleksi Pendidikan Tahun 2024 di Aula Serbaguna Gedung Dibaleka 2 Balaikota Depok, Jumat (20/12/2024). Kegiatan tersebut diikuti 100 para guru perwakilan dari 11 Kecamatan se-Kota Depok menampilkan berbagai macam seni budaya, diantaranya angklung, marawis, seni drama dan penampilan anak anak murid begitu ceria.
Refleksi ini dihadiri oleh tokoh pendidikan, pengamat pendidikan, Pengurus Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), Ikatan Guru Indonesia (IGI), pengawas sekolah, kepala sekolah, akademisi dan para murid.
Kegiatan ini menjadi momen strategis untuk mengevaluasi capaian pendidikan selama setahun terakhir dan merancang strategi pendidikan untuk Kota Depok ke depan.
Kasi Kelembagaan dan peserta didik SD Gunawan menegaskan, pentingnya kolaborasi semua pihak untuk memperbaiki kekurangan dan memajukan pendidikan di Kota Depok.
Hal tersebut kata Gunawan, bahwa salah satu langkah meningkatkan kualitas peserta didik adalah dengan meningkatkan kualitas guru yang dilakukan Disdik melalui asesmen dan pelatihan berkelanjutan.
Ia menekankan pentingnya pengembangan kompetensi tenaga pendidik sebagai kunci utama peningkatan mutu pendidikan. Selain itu, ia juga mengungkap data terkait angka putus sekolah, lulusan vokasi, dan alokasi anggaran pendidikan di Kota Depok.
“Kami membutuhkan masukan konstruktif dari berbagai pihak untuk bersama-sama membangun pendidikan yang lebih baik,” ungkap Gunawan.
Gunawan bersama Kasi pengembangan Teknologi dan pembelajaran SD, Bachrun, juga menggarisbawahi pentingnya pemanfaatan teknologi, seperti aplikasi pendidikan untuk memantau perkembangan siswa dan guru secara real-time.
“Media sosial diusulkan menjadi alat utama untuk menyampaikan informasi kebijakan dan kegiatan pendidikan secara luas dan cepat,” ujarnya.
Gunawan, berkomitmen membangun sistem komunikasi yang lebih terstruktur untuk melibatkan siswa, guru, dan orang tua dalam pengembangan pendidikan.
Lebih lanjut ungkapnya, akan terus bertekad menciptakan pendidikan yang inklusif dan berkualitas bagi seluruh masyarakat.
Evaluasi dari acara ini diharapkan menjadi dasar perumusan langkah konkret untuk memperbaiki sektor pendidikan di Kota Depok.
“Meskipun ada perbedaan perspektif, tujuan kita tetap sama: menghadirkan pendidikan di Kota Depok yang hebat dan maju,” imbuh Gunawan dengan optimis. (**).