Walikota Depok Buka Festival Depok Keren Ajang Kreasi UMKM dan Budaya, Kelurahan Gandul Emang Keren

DEPOKUPDATE.ID, GANDUL – Festival Depok Keren yang berlangsung di Kelurahan Gandul, Kecamatan Cinere Kota Depok hari ini dibuka secara resmi oleh Waliota Depok KH. Muhammad Idris. Festival tersebut turut serta dalam mengakomodir kreasi anak muda lantaran diketuai oleh karang taruna (Katar) setempat, dengan menggabungkan berbagai kegiatan di dalamnya.

Perhelatan digelar di lapangan pool taxi blue bird sebrang kantor Kemenkumham Cinere, Sabtu (10/12/2021). Nampak hadir Plt. Camat Cinere M. Fitriawan, Lurah Gandul Nyai Aliyah, S.Ip, Ketua LPM terpilih Boy Iskandar, para Ketau RT, RW dan para tokoh masyarakat Gandul, Sekel H. Syafrudin. S.Sos. Kasi Ekbang Sri Mulyani, Katar Gandul, tokoh muda Gandul Bagus Maulana Iskandar.

Berbagai perlombaan diusung dalam kegiatan yang akan berlangsung, masyarakat yang hadir dimeriahkan oleh penampilan para artis Ibukota dan Kota Depok.

Walikota Depok, Mohammad Idris mengapresiasi dan merasa bangga atas terselenggaranya Festival Depok Keren, menunjukan banyak sekali potensi-potensi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang diharapkan Pemerintah Daerah dan Pusat akan meningkatkan perekonomian Nasional untuk masyarakat.

Bacaan Lainnya

“Selama dua tahun kita mengalami pandemi covid19 hanya sektor UKM yang mampu bertahan hingga kini,” kata Idris, dalam kata sambutannya.

Idris menjelaskan, Pemerintah sudah merealisasi janji kampanye Walikota dan Wakil Walikota, terutama memberikan kesempatan kepada 5000 pengusaha dan 1000 perempuan pengusaha baru.
“Tahun ini kita sudah memberikan sekitar 2.500 WUB dan di tahun depan akan kita lanjutkan lagi, makanya bagi UMKM yang belum daftar segera daftarkan ke Kelurahan,” ucap Idris.

Plt. Camat Cinere M. Fitriawan menyampaikan, sangat bangga dengan penyelenggaraan Festival Depok Keren yang sudah dilaksanakan di kelurahan Gandul.

Sejak dua tahun pandemi Covid-19 tanpa kegiatan, menurut Fitriawan kegiatan Festival Depok Keren kelurahan tadi ternyata adanya trend yang inovatif, baik jenis produk-produk maupun jumlah pelaku UMKM binaan Kelurahan dan UMKM RT maupun RW.

“Pelaku UKM bertambah di setiap tahunnya di kelurahan dengan olahan produk-produk lokal yang variatif dan inovatif, intinya adalah peningkatan ekonomi di masyarakat diharapkan semakin maju,” kata Fitriawan.

Sementara Lurah Gandul Nyai Aliyah, mengucapkan terima kasih atas kehadiran dan kunjungan orang nomor satu WaliKota Depok di dalam kegiatan Festival Depok Keren Kelurahan Gandul.

“Kami warga Gandul berterima-kasih kepada Walikota karena ditengah kesibukan beliau sebagai Walikota ternyata masih menyempatkan waktunya hadir untuk menyapa warga Gandul di tengah kegiatan Festival Depok Keren,” kata Nyai.

Mengenai kegiatan Festival Depok Keren Nyai Aliyah, berharap bisa menjadi modal utama dalam menggerakan perekonomian masyarakat.
“Melalui semangat Festival Depok Keren ini, ayo bela dan beli produk lokal sehingga dapat maju dan berkembang, kita punya olahan pepaya bisa jadi macam-macam aneka sentuhan,” tutur Nyai.
“Kita juga lestarikanlah budaya. Ini adalah wujud sinergi Depok yang Maju, Berbudaya dan Sejahtera,” paparnya.

Plt. Camat Cinere M. Fitriawan (kanan) Walikota Depok KH. Muhammad Idris (tengah) dan Lurah Gandul Nyai Aliyah, berfoto bersama diacara festival depok keren Kelurahan Gandul

Ditempat yang sama Ketua Panitia Safrudin menjelaskan, peserta Festival Depok Keren Kelurahan Gandul, lebih diutamakan UKM seluruhnya lokal.
“Kegiatan ini dari, oleh UKM Gandul untuk Kota Depok yang Maju, Berbudaya dan Sejahtera,” imbuhnya.

Safrudin yang juga sebagai Sekel Gandul ini menyampikan, selain bazar atau pameran, ada diadakan lomba-lomba seperti lomba fashion show anak anak, lomba Bazar UMKM, lomba manisan pepaya, craft, fashion juga kuliner dan kemudian tak luput juga doorprize.
“Semoga Festival Depok Keren Gandul bisa terlihat hasilnya dan membawa kebaikan peningkatan ekonomi untuk warga,” tutupnya. (adi).

Pos terkait