Wakil Walikota Depok Pimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila, Bangkitkan Kembali Falsafah Hidup Berbangsa dengan Nilai Nilai Gotong Royong

Penulis: Adi Apeng
Editor: Adi

depokupdate.id, Depok – Wakil Walikota Depok Imam Budi Hartono (IBH) memimpin upacara peringatan hari lahir Pancasila, Kamis, (1/6/2023) di Lapangan Balaikota Depok.

Seperti diketahui, saat Hari Lahir Pancasila yang diperingati tiap 1 Juni biasanya dirayakan dengan menyelenggarakan upacara bendera.

Upacara melibatkan lebih dari 200 orang yang terdiri dari asisten, para OPD, Para Camat dan Lurah, pasukan upacara, tamu undangan, peserta upacara, petugas dan panitia upacara, upacara dimulai pukul 06.30 sampai dengan 08.35 WIB.

Bacaan Lainnya

“Bertindak sebagai inspektur upacara Walikota, seperti yang disampaikan oleh pak Presiden tema tahun ini. Tema peringatan Pancasila tahun ini adalah “Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global”. kata Imam, Kamis (1/06/2023) kepada wartawan usai pimpin upacara.

Imam mengatakan, tema ini mengandung arti bahwa momentum peringatan Hari Raya Pancasila menjadi pemantik bagi bangsa Indonesia untuk bahu-membahu mewujudkan peradaban masyarakat Indonesia yang lebih maju dan menjadi pusat pertumbuhan dunia,”.

“Gotong royong untuk membangun Indonesia dalam rangka Indonesia Emas 2045, sehingga gotong royong yang mungkin karena pandemi Covid-19 tidak bisa dilakukan,” ucap Imam.

“Ayo sekarang sudah terbebas dari Covid-19 kita kembali tanamkan nilai Pancasila dengan cara bergotong royong lingkungan kerja bakti dan seluruh pembangunan yang ada di Kota Depok kita sama sama bergotong royong untuk bisa mensejahterakan warga,” imbuhnya.

Imam menambahkan, Berbicara tentang peringatan Hari Lahir Pancasila, sejumlah suara dari generasi milenial sepakat bahwa 1 Juni haruslah dimaknai lebih dari sekadar peringatan.

Hari kelahiran Pancasila sepatutnya dijadikan momentum untuk memperlihatkan bahwa lima sila Pancasila masih relevan bagi kehidupan berbangsa dan bertanah air Indonesia saat ini.

“Karena ini momentum, Pancasila sebagai ideologi yang merangkul keberagaman kita,” kata pria yang menjabat sebagai Ketua DPD PKS Kota Depok ini.

Pria yang akrab disapa bang Imam ini pun mengaku sepaham dengan slogan yang dipopulerkan oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi, yakni “Saya Indonesia, Saya Pancasila”.

“Saya pikir cukup efektif menanamkan di benak generasi muda di era globalisasi ini banyak masuk faham dari luar pentingnya memberikan nilai dasar Pancasila sebagai warisan dari para pendiri bangsa. Jadi penting harus kita terus lakukan dan pemerintah juga ada kegiatan ke arah sana agar bagi generasi muda memahami betul terhadap Pancasila,” ujarnya.

“Bahwa kita Pancasila. Karena banyak masyarakat yang mungkin tidak paham dengan Pancasila dan hanya tahu sebagai simbol,” tambah Imam.
“Saya berpesan agar Hari Pancasila tidak hanya dilihat sebagai simbol, tetapi juga dapat diartikan sebagai cerminan akan keberagaman Indonesia, jadi juga bisa menerapkannya,” pungkasnya. (Adi).

Pos terkait