Wakil Walikota dan Sekda Kota Depok Melepas Tim Peduli Gempa Cianjur, Semoga Bantuan Bermanfaat

DEPOKUPDATE.ID, DEPOK – Tim Depok Peduli Gempa Cianjur resmi diberangkatkan hari ini, tim tersebut akan membantu penangan pasca gampa bumi yang terjadi di wilayah gempa Cianjur. Pemkot Depok mulai dari bahan makanan, obat-obatan, tenaga medis, hingga kendaraan operasional.

Tim Depok Peduli Gempa Cianjur terdiri dari Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Dinas Kesehatan, Dinas Sosial (Dinsos) Kota Depok. Tergabung pula Palang Merah Indonesia (PMI), Taruna Siaga Bencana (Tagana), dan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Asasta Kota Depok.
“Kepada Tim Depok Peduli Gempa Cianjur yang akan berangkat, saya sangat apresiasi dan bangga karena membantu warga Cianjur yang mengalami musibah. Ini adalah bentuk kepekaan kita kepada saudara kita, terlebih Cianjur bagian dari Jawa Barat, dan dekat sekali dengan kita ,” kata Bang Imam saat melepas Tim Depok Peduli Gempa Cianjur di Halaman Gedung Perpustakaan Kota Depok, Kamis (24/11/2022).

Bang Imam berpesan, agar Tim Depok Peduli Gempa Cianjur untuk fokus membantu para korban dengan penuh kesabaran dan ikhlas. Pasalnya, kejadian tersebut pasti berpengaruh terhadap mental para korban.
“Masyarakat di sana pastinya sedih, duka dengan segala apa yang menjadi milikinya, rumah rata, keluarga meninggal, musibah kaki patah. Maka di sana kita hadapi masyarakat dalam keadaan tidak normal,”ungkapnya.
“Siapkan fisik, hati dan pikiran agar lapang hati dan lapang dada untuk menerima. Jangan lupa berkoordinasi dengan pimpinan, karna kalau tidak nanti akan timbul permasalahan. Baik pimpinan lapangan maupun pimpinan Kota Depok,” tuturnya.

Imam mengajak semua lapisan masyarakat, ASN, bahu membahu gotong royong untuk dapat membantu para korban gempa di Cianjur.
“Kita membuat posko penyaluran bantuan  di gedung Perpustakaan Kota Depok, atau bisa mengirim bantuan ke rekening Bank BJB 0130753477100,” harapnya.

Bacaan Lainnya

Ditempat yang sama Ketua Tim Peduli Gempa Cianjur R. Ganadar Budiana menyebutkan, bantuan yang diberikan kepada korban Gempa Cianjur ada melalui program D’Saber sebanyak 435 paket sembalo senilai Rp 63 juta, donasi dari ASN dan perangkat daerah serta masyarakat mencapai Rp. 452 juta, dan bantuan bahan pokok seperti susu, makanan bayi, air mineral, mie instan, roti, dan sembako.
“Untuk non pangan kita masih sedikit yang dibawa buat warga yang mengungsi yaitu selimut, pembalut, kantong jenasah, serta stok pacul dan lain-lain,” ujar Gandara.

Sebelumnya kata Gandara, pada waktu setelah musibah gempa, tim medis dari RSUD Kota Depok, dibantu PMI, Zakat, dan PDAM sudah meluncur ke lokasi.
“Nanti tim peduli Depok bencana Cianjur akan mendirikan posko desa Cibodas Kecamatan Pacet Kabupaten Cianjur.

Berdasarkan informasi yang kita dapat di lokasi terdapat yang terdampak sebanyak 4.800 jiwa. Dapur umum sudah kita dirikan di lokasi. Tim akan kita siagakan di lokasi sampai situasi kondusif,” katanya.

Tim Peduli juga menggalang donasi melalui rekening Bank Jabar Banten (BJB), dan melakukan monitoring dan evaluasi lapangan. Selain itu, Kota Depok juga telah mengirim bantuan awal ke lokasi melalui PMI dan Damkar.
 “Kami atas nama Pemerintah Kota Depok turut berduka cita atas musibah gempa bumi yang terjadi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Semoga bencana ini bisa dilalui dengan baik dan Kabupaten Cianjur bisa kembali pulih,” ucapnya.

“Tidak lupa saya juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak di Kota Depok yang telah berpartisipasi memberikan bantuan. Semoga keikhlasannya bisa menjadi amal kebaikan bagi kita semua,” tutupnya. (adi).

Pos terkait