Suasana Upacara Peringatan HUT RI ke 78: Ketua RW Hendra H. Abdul Rozak, Ajak Warga RW 05 Terus Berkarya Untuk Wujudkan Cipayung Jaya Lebih Maju

Penulis: Adi Apeng
Editor: Adi

depokupdate.id, Depok – Warga Rw 05 Kelurahan Cipayung Jaya, Kecamatan Cipayung menggelar Upacara Puncak Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan ke-78 RI. Tema HUT RI tahun ini adalah ‘Terus Melaju untuk Indonesia Maju’. Momen sakral peringatan Detik-Detik Proklamasi 17 Agustus di awali pengibaran Bendera Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra).

Pelaksanaan upacara peringatan HUT ke 78 RI ini di gelar di Lapangan Teater Ws Rendra di RT 02, RW 5 Cipayung Jaya. Kamis (17/8/2023), upacara 17 Agustus 2023 dimulai pada pukul 08.00 WIB.

Upacara di hadiri oleh para Ketua Rt, Iwan, Rt Mudrika, Rt Aris dan Rt Wahyudin, tokoh masyarakat, tokoh Agama, di bantu oleh rekan Babinsa bpk Jayani, Babinkamtibmas, Satuan Tugas Linmas bpk Gupron. Sebagai Ketua HUT RI ke 78 kali ini dari Karang Taruna 05 05, Kaka Azmi, Faisal, Latif, Raul, Siva dan Fauziah.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Ketua RW 05 Hendra H. Abdul Rozak, dan Pemimpin Upacara Agung Akmal. Sementara itu, tiga pelajar bertugas sebagai Pasukan Pengibar Bendera, serta paduan suara ibu-ibu dari Rt 03.

Bacaan Lainnya

Upacara berlangsung dengan lancar, di bawah cuaca yang cerah cukup panas tidak menyurutkan semangat Warga RW 05 untuk mengikuti upacara.
“Alhamdulillah upacara dapat berjalan dengan baik, personel sudah cukup baik,” ucap Inspektur upacara Hendra H. Abdul Rozak, Kamis, (17/8/2023), yang dampingi oleh para Ketua RT.

Ketua RW Hendra H. Abdul Rozak, dalam amanahnya memaknai Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia sebagai nostalgia perjuangan para Pahlawan Nasional Indonesia yang berjuang demi kemerdekaan.

“Kemerdekaan 78 tahun kita maknai sebagai nostalgia yang luar biasa, 350 tahun lebih bangsa ini dijajah, tiba-tiba mencengangkan dunia, bahwa kita mampu memproklamasikan kemerdekaan RI,” tutur Hendra, sapaan akrab Ketua RW 05 ini.

Hendra mengatakan bahwa tema HUT RI ke-78 kali ini, “Terus Melaju untuk Indonesia Maju”, mencerminkan semangat juang dan tekad tak kenal lelah untuk mengangkat nama Indonesia ke panggung dunia.

“Tema Kemerdekaan kali ini mencerminkan semangat juang dan tekad tak kenal lelah untuk mengangkat nama Indonesia ke panggung dunia. Kita diajak untuk melihat ke depan, merencanakan masa depan yang lebih baik, dan terus berusaha keras untuk mencapainya,” ucap Ketua RW 05.

“Semangat para pejuang ini harus menjadi acuan dan pacuan kita untuk terus berjuang memajukan lingkungan RW 05 yang kita cintai ini. Saat ini kita memang tidak lagi berada di medan pertempuran, tetapi kita berada di medan yang bisa saja membawa kita kehilangan kemerdekaan tersebut, medan tersebut ialah era Revolusi Industri 5.0.

Era ini mampu membuat kita kehilangan jati diri, karena terlena akan hal yang dibawa dalam arus modernisasi. Tak hanya itu, di era teknologi digital ini tantangan yang dihadapi semakin kompleks,” paparnya.

Hendra menuturkan, yang bisa dilakukan oleh generasi penerus bangsa untuk mempertahankan kemerdekaan adalah melanjutkan cita-cita para pendiri bangsa.

“Jadi 78 tahun ini, bagi kita generasi saat ini dan yang akan datang tentunya harus terdorong dan tertanam bagaimana kita bisa melanjutkan cita-cita para pendiri bangsa ini,” ungkap Idris.

(Atas) Lurah Jayadi, memberikan apresiasi di acara malam kreasi HUT RI ke 78 di RW 05 di dampingi oleh, Babinkamtibmas dan Kasie Ekbang Roih Soleh dan ketua RT.
(Bawah) Ketua RT 02 Mudrika memberikan sambutan di acara malam kreasi HUT RI ke 78 di lingkungan RW 05 Cipayung Jaya.

“Agar menjadi bangsa yang maju bermartabat, sebagiannya sudah dibuktikan pada saat ini, seperti generasi muda karang taruna yang ada RW 05 ini,” ujarnya.

Usai Upacara pagi malamnya warga RW 05 menggelar panggung kreasi di hadiri Bpk Lurah Jayadi, Babinkamtibmas dan Ketua Rt 2 bpk Mudrika dan bapak kasie Roih Soleh dan seluruh warga di lingkungan RW 05. (**A).

Pos terkait