Kenang Pahlawan dan Kesatria, Sajak Ciptaan Walikota Dilombakan

depokupdate.id, Depok – Walikota Depok, KH. Mohammad Idris membuka Lomba Deklamasi yang digelar Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melalui Badan Keuangan Daerah (BKD) di Aula Serbaguna Lantai 10, Gedung Dibaleka 2, Kamis (24/08/2023).

Lomba ini diselenggarakan dengan tujuan untuk meriahkan momen bersejarah Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia (RI) tersebut dan menghidupkan kembali kebudayaan di tengah masyarakat.

Peserta yang mengikuti lomba tersebut, diikuti oleh masyarakat umum, para pelajar, dan Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kota Depok.

Dalam kesempatan itu, para peserta diminta mendeklamasikan satu dari dua sajak karya Walikota Depok Mohammad Idris, yaitu Kesatria dan Pahlawan.

Bacaan Lainnya

Walikota Depok Mohammad Idris mengatakan, melalui seni dan sastra ini, kami harap bisa merawat semangat Kemerdekaan. Lomba ini sebagai upaya dari panitia agar warga Depok yang mempunyai bakat membacakan deklamasi.

“Sajak ini diterjemahkan oleh peserta lomba, lalu disampaikan kepada penonton dan diharapkan penonton bisa menghayati apa yang diucapkan pelaku sajak,” katanya di sela-sela kegiatan.

“Baik dengan intonasi, gerak tubuh, juga mimiknya, ini bagian dari ekspresi agar penonton ikut merasakan,” ujarnya.

Kiai Idris, sapaan akrab Walikota Depok menyebut, rasa nasionalisme tidak hanya dilakukan lewat ceramah, sarasehan atau pelatihan-pelatihan.
“Tetapi bisa juga melalui learning by doing, bahwa peserta lomba deklamasi ini, maka ini sebagai upaya untuk memperkuat nilai-nilai nasionalisme,” ungkapnya.

“Mudah-mudahan rasa nasionalisme ikut bangkit dan jadi pemacu serta pemicu untuk berbuat lebih lagi bagi bangsa dan negara,” jelasnya.

Sementara itu, di tempat yang sama Kepala BKD Kota Depok, Wahid Suryono menuturkan, terdapat 43 peserta yang dibagi dalam tiga kategori.

Di antaranya, kategori umum bagi warga be-KTP Depok dengan total 11 peserta, kategori ASN) dengan jumlah 15 peserta dan kategori pelajar SMP sederajat dengan jumlah peserta 17 orang.
“Kami ingin angkat buku kumpulan puisi karya Walikota Depok, karena relevan dengan hari Kemerdekaan,” ujarnya.

Dirinya menghadirkan para dewan juri dari berbagai lembaga profesional, seperti Bunda Literasi Kota Depok, akademisi dan guru berprestasi tingkat Nasional.
“Kami menyediakan hadiah untuk juara pertama, kedua dan ketiga berupa uang, piala dan sertifikat,” tutupnya.

Melalui lomba ini, diharapkan bahwa generasi muda dapat terhubung dengan warisan budaya. Selain itu, acara ini juga bertujuan untuk memupuk semangat kebersamaan dan kerjasama di antara para peserta, membangun rasa saling menghargai, serta memperkuat ikatan sosial.
Dengan menggelar lomba ini berhasil menciptakan suasana yang meriah dan penuh makna dalam memperingati HUT ke-78 Republik Indonesia sambil melestarikan nilai-nilai budaya lokal.

Berikut para Juara lomba Deklamasi:
Kategori pelajar tingkat SMP, Juara pertama di raih oleh Chikkada. S asal Sekolah SMP IT Rahmaniah, Juara kedua Jihan Aulia S asal Sekolah SMP negeri 3, dan juara ketiga Quinta Allaya asal Sekolah SMP negeri 4.
Kategori ASN diraih oleh Zaenur Ahmad dari Kelurahan Rangkapan Jaya, juara kedua diraih Mirna Anggia dari BKPSDM dan juara ketiga Atik Indarini dari Dinas Pendidikan, sedangkan untuk kategori umum Juara pertama diraih oleh Fadli Subhi Ikrami, juara kedua Neneng Neny dan juara ketiga Irman Budiawan. (**A).

Pos terkait