Sejumlah Pengurus Organisasi dan Komunitas Wartawan di Depok Sepakat Membentuk Komite Pers Kota Depok

Penulis: DIMAZ
Editor: MH

MARGONDA, depokupdate.id ||Komite Pers Kota Depok (KPKD) sebuah wadah diskusi dan aspirasi insan pers kota Depok telah terbentuk.

KPKD dibentuk atas kesepakatan sejumlah Pengurus organisasi wartawan dan komunitas wartawan di Kota Depok pada Rabu malam (15/5/2024) di Sekretariat FORWARD Jalan STM Mandiri No. 161, Panmas Kota Depok.

Wadah kebersamaan ini diinisiasi oleh beberapa Pengurus organisasi dan komunitas wartawan yang kedudukan mereka sebagai Dewan Presidium. Dalam pelaksanaannya, KPKD dinakhodai oleh seorang Koordinator dengan masa jabatan satu tahun.

Bacaan Lainnya

Terpilih sebagai Koordinator KPKD periode 2024 – 2025 adalah Tuhari Arek yang juga Ketua Forum Wartawan Depok (FORWARD).

“Terima kasih atas kepercayaan teman-teman kepada saya. Bagaimana pun kita harus bergerak bersama-sama secara konsisten agar apa yang telah kita sepakati dapat kita capai bersama” ucap Tuhari.

Arek sapaan akrab Tuhari, menyampaikan program rutin KPKD adalah diskusi bulanan dengan topik isu-isu hangat yang terjadi di Kota Depok. Dan dalam waktu dekat KPKD akan audiensi dengan para pihak.

“Tadi kan sudah sepakat kita akan ke KPU kota Depok, Bakesbangpol dan Pemkot serta RDP dengan Komisi A DPRD Kota Depok. Insya Allah awal Juni kita start” ajaknya.

Dirinya juga mengajak bagi teman-teman pengurus organisasi dan komunitas wartawan yang malam ini berhalangan hadir untuk bersama-sama membangun KPKD mencapai tujuan.

“KPKD membuka ruang selebar-lebarnya bagi teman-teman pengurus organisasi dan komunitas wartawan di kota Depok untuk berkomitmen bersama menjawab keresahan insan pers kota Depok” tandas Arek.

Terbentuknya KPKD

Bermula saat Forum Wartawan Depok (FORWARD) menggelar buka bersama sekaligus peresmian Sekretariat baru di Jl. STM Mandiri No. 161 Margonda, Kota Depok, Rabu (03/04/2024).

Kala itu, beberapa wartawan senior di kota Depok yang hadir menggagas agar FORWARD menginisiasi forum kebersamaan lintas organisasi dan komunitas wartawan yang ada di kota Depok dalam kemasan diskusi santai.

Kemudian, sebagai tindak lanjut, FORWARD pada Jumat malam (19/4/2024) menggelar halal bihalal sekaligus diskusi santai.
Suasana keakraban batiniah sesama Pengurus organisasi dan/atau komunitas wartawan kota Depok begitu terasa.

Ternyata, generasi old dan generasi young memiliki keresahan yang sama terhadap pemkot. Mereka berbaur dalam ide, gagasan, harapan pada diskusi yang berlangsung sekira dua jam itu.

Mereka yang hadir berdiskusi adalah Ketua PWOIN kota Depok Benny Gerungan, Ketua Majelis Pers Depok (MPD) Muyanto A Murod, Ketua SWI kota Depok Dindin Syarifuddin, Koordinator Balai Wartawan (Balwan) Depok Martchel Kelmanutu, Ketua Majelis Taklim Balwan Adi Rakasiwi.

Kemudian, Perwakilan Komunitas Jurnalis Depok (KJD) Arif BP, Penasehat FORWARD Anton Pulung, Ketua FORWARD Tuhari / Arek, Sekretaris FORWARD Torben Rando Oroh, Pembina SWI Kota Depok Herry Budiman.

“Tentunya acara ini untuk pererat rajutan tali silaturahim diantara kita sesama Ketua-Ketua Organisasi dan Komunitas wartawan di Depok. Dan ini merupakan tindak lanjut atas usulan teman-teman sewaktu acara peresmian Sekretariat FORWARD dan buka puasa bersama di Ramadhan lalu.” ujar Ketua FORWARD Tuhari Arek.

Komitmen kebersamaan pun berlanjut dengan digelarnya diskusi kedua pada Rabu malam (15/5/2024). Tidak hanya soal gagasan, harapan dan implementasi, namun lebih kepada soal keadministarsian forum.

Menjawab tanya perlu kah nama untuk forum ini agar secara administrasi ada komandonya dan menandatangani surat2. Melalui perdebatan panjang akhirnya disepakati perlunya nama forum dan forum ini tidak berbadan hukum. Disepakatilah sebuah nama yaitu Komite Pers Kota Depok (KPKD) dengan Koordinator Tuhari Arek untuk masa jabatan satu tahun.

Mereka yang bersepakat malam itu, Ketua PWOIN kota Depok Benny Gerungan, Ketua Majelis Pers Depok (MPD) Muryanto A Murrod, Ketua SWI kota Depok Dindin Syarifuddin beserta Sekretaris Riki, Ketua Mitra Pers Depok (MPD) Joko Warihnyo.

Lalu, Ketua AWAN Andre Tambunan, Ketua FORWARD Tuhari Arek beserta Sekretaris Torben Rando Oroh, dan Tony Yusep, Irvan Lubis, Sigit, Herry Budiman, Anggi serta Yuni.

Pos terkait