PLN Berhasil Energize IBT Unit 2 GITET 500 kV Bekasi

Editor: DiM

BEKASI, depokupdate.id – Usai pergantian Interbus Transformer (IBT), PT PLN (Persero) Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Barat (UIT JBB) melalui Unit Pelaksana Transmisi (UPT) Pulogadung sukses lakukan energize (pemberian tegangan pertama) IBT Unit 2 GITET 500 kV Bekasi, Jawa Barat pada Senin, (25/3/2024).

Kerja sama antara PLN UPT Pulogadung, Unit Layanan Transmisi dan Gardu Induk (ULTG) Harapan Indah dengan Konsorsium PT Indevco Global dan PT Simbarhol Teknik telah memastikan kelancaran penggantian trafo IBT. Pekerjaan penggantian trafo IBT-2 ini dilaksanakan selama 19 hari (06-25/03/2024).

Penggantian IBT-2 ini merupakan langkah penting untuk memastikan kelancaran operasional jaringan transmisi dan mencegah terjadinya gangguan pasokan listrik ke wilayah yang dilayani oleh gardu induk tersebut.

Bacaan Lainnya

“Trafo IBT merupakan komponen krusial dalam sistem transmisi tegangan ekstra tinggi, yang bertanggung jawab untuk mengatur aliran listrik dan menjaga kestabilan jaringan listrik,” kata General Manager PLN UIT JBB, Didik Fauzi Dakhlan.

Didik menjelaskan peran Gardu Induk Tegangan Ekstra Tinggi (GITET) 500 kV Bekasi sebagai salah satu Objek Vital Nasional (OBVITNAS) menjadikan kegiatan pemeliharaan ini sangat penting dan harus dijaga bersama, mengingat wilayah Jakarta dan Bekasi yang di suplai oleh gardu induk tersebut merupakan pusat bisnis dan perekonomian.

Dengan penggantian IBT tersebut sambung Didik, PLN telah menegaskan bahwa tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan keamanan dan keandalan sistem penyaluran listrik.

Ia pun menerangkan tim dari seluruh bagian dikerahkan untuk memantau dan mengawasi setiap tahap dari proses penggantian IBT-2 GITET 500 kV Bekasi. Didik juga memastikan bahwa prosedur keselamatan dan kualitas pekerjaan dipatuhi dengan ketat.

Sementara, Manager UPT Pulogadung, Rizal Pahlevi menegaskan PLN terus menjaga komitmennya untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

“Langkah-langkah seperti penggantian IBT ini adalah bagian dari upaya terus-menerus dalam memastikan infrastruktur listrik yang andal dan berkualitas,” pungkas Rizal.

Pos terkait