Pemkot Akan Bangun Mesin Pengelolaan Sampah Kurangi Beban Sampah di TPA

Penulis: Adi Apeng
Editor: Adi

depokupdate.id, Depok – Pemerintah Kota (Pemkot) Depok akan mendatangkan mesin pengolah sampah skala lokal guna mengurangi sampah yang masuk ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipayung. Mesin tersebut ditempatkan di beberapa titik di Kota Depok.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok, Supian Suri mengatakan, sebelum kejadian longsornya TPA Cipayung, Wali Kota Depok, Mohammad Idris sudah menginstruksikan untuk membuat pengolahan sampah di beberapa titik. Hal ini dilakukan mengingat belum jelasnya kerja sama antara Pemkot Depok dengan Tempat Pengolahan dan Pemprosesan Akhir Sampah (TPPAS) Lulut Nambo, Bogor.

“Pak Wali sudah instruksikan untuk membuat beberapa titik pengelolaan sampah dengan metode mesin,” tutur Supian usai Apel Pagi di Balai Kota Depok, Senin (05/06/23).

Supian berharap, dengan mesin pengolah sampah skala lokal dapat mengurangi sampah yang masuk ke TPA Cipayung. Uji coba akan dilakukan pada tahun 2024.

Bacaan Lainnya

“Kita mau uji coba, 2024 mulai belanja pengelolaan sampah. Kita harapkan bisa mengurangi jumlah sampah yang masuk ke TPA Cipayung,” jelas dia.

Lanjutnya, Pemkot Depok juga sudah mendapatkan alokasi program dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terkait mesin pengolah sampah. Mereka meminta Pemkot Depok menyediakan lahannya.

“Kita proses dan sekarang sudah tahap final. InsyaAllah tahun ini bisa beroperasi di TPA Cipayung guna mengurangi sampah,” ungkapnya.
“Selain itu, pengolahan bank sampah juga terus masifkan,” tutupnya. (Adi).

Pos terkait