Momen Tahun Baru Islam Sekda Kota Depok, Hijrah Meraih Kemerdekaan Hakiki Jadi Lakukan Pelayanan Untuk Kebaikan

depokupdate.id, Depok – Tahun Baru Islam 1445 Hijriah atau 1 muharam diperingati. Umat Islam pun sangat menyambut kedatangan pergantian tahun tersebut. Tahun baru Islam juga dimaknai sebagai semangat perjuangan yang tak kenal lelah dan putus asa dalam menyebarkan agama Islam oleh Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya.

Bahkan tidak jarang di berbagai tempat selalu melakukan tradisi saat muharram yang identik seperi hari raya. Di momen tersebut tema Hijrah, Jalan Meraih Kemerdekaan Hakiki.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok, H. Supian Suri menyebut, sejarah dan makna di balik Tahun baru Islam tepat pada 1 Muharam Tahun Baru Islam ditandai dengan peristiwa besar yakni hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Kota Makkah ke Madinah.

Bacaan Lainnya

Setelah Nabi Muhammad SAW hijrah, Islam mengalami perkembangan pesat dan semakin menyebar hingga ke Mekkah dan wilayah sekitarnya.

Nabi Muhammad SAW memutuskan hijrah setelah memperoleh wahyu dan perintah dari Allah untuk menyebarkan ajaran Islam ke masyarakat

Sebenarnya, hijrah Nabi Muhammad SAW dari Mekkah ke Madinah merupakan peristiwa hijrah ketiga selepas hijrah ke Habasyah dan Thaif.

Namun, peristiwa hijrah ke Madinah inilah yang merupakan tonggak awal pembentukan masyarakat Islam yang mandiri dan berdaulat.

Bentuk Perjuangan Nabi Muhammad dan Para Sahabat. Meskipun banyak tantangan dan rintangan, Nabi Muhammad SAW dan sahabat tak pernah menyerah atau pesimis.

Bahkan Nabi Muhammad SAW hijrah ke Madinah meninggalkan tempat kelahirannya, saudara, dan harta bendanya hanya agar bisa memenuhi perintah dan wahyu yang diberikan Allah SWT.

“Pergantian Tahun Baru Islam juga dimaknai sebagai momen untuk intropeksi diri atau muhasabah. Sekaligus memikirkan apa yang harus diperbaiki dan amalan apa yang harus ditinggalkan di tahun mendatang,” ungkap Bang SS, sapaannya usai acara di Ruang Teratai Gedung Balaikota Depok, Rabu (09/08/2023).

Seiring waktu yang terus berjalan dan berlalu, dengan adanya tahun baru Islam, diharapkan umat muslim lebih mawas diri, introspeksi dan bermuhasabah atas segala tindakan dan perbuatan yang dilakukan selama 12 bulan.

“Mudah-mudahan ini bisa menjadi momentum untuk kita terus bisa memberikan kebaikan dengan amalan yang ditetapkan oleh Allah SWT,” ujarnya.

Dirinya juga menyampaikan, dalam upaya memberikan kebaikan kepada masyarakat pra sejahtera, dirinya meminta Aparatur Sipil Negara (ASN) dan warga untuk menyisihkan sedikit rezeki yang dimiliki. Dana tersebut akan dialokasikan untuk masyarakat yang membutuhkan seperti kaum dhuafa dan anak yatim piatu.

“Karena kita memiliki tanggung jawab terhadap anak yatim dan piatu yang ada di Kota Depok. Mulai dari pendidikannya, kesehatannya hingga lapangan pekerjaannya nanti,” tambahnya

Lebih lanjut, dirinya meminta dukungan dari peserta yang hadir karena saat ini Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok tengah berencana mendirikan puskesmas inklusi. Fasilitas ini nantinya akan difokuskan bagi masyarakat yang memiliki anak berkebutuhan khusus atau istimewa.

“Semoga rencana kita dalam memberikan pelayanan kepada warga yang memiliki anak istimewa bisa terealisasi,” pungkasnya. (Adi).

Pos terkait