Zakat Sukses Sabet Penghargaan Pelaporan Terbaik Di Ajang BAZNAS Jabar Award 2022

DEPOKUPDATE.ID, BANDUNG – Zakat Sukses (ZS) kembali menorehkan prestasi. Setelah sebelumnya berhasil menyabet penghargaan Fundraising Award 2022, kini LAZ Zakat Sukses kembali mendapatkan prestasi dalam ajang Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Jawa Barat Award 2022 pada (15/12/2022) di Hotel Pullman Bandung Grand Central.
Pada kesempatan tersebut, ZS berhasil mencuri perhatian publik dengan mengukuhkan diri sebagai lembaga zakat terbaik dalam kategori Pelaporan Terbaik.

Penyerahan penghargaan ini telah diterima dan dihadiri secara langsung oleh Manager Program LAZ Zakat Sukses, Muhammad Rizki Akbar. Dalam kesempatan yang sama, ZS juga berhasil masuk nominasi dalam kategori Jumlah Mustahik Produktif terbanyak. Sebagaimana yang pernah disampaikan oleh Direktur LAZ Zakat Sukses sebelumnya, yaitu ingin menjadikan LAZ Zakat Sukses sebagai lembaga zakat yang mampu merubah status ekonomi mustahik menjadi seorang muzakki.

Keberhasilan ini merupakan wujud upaya LAZ Zakat Sukses untuk selalu menghimpun dana zakat dengan amanah dan transparan melalui laporan yang dilaporkan secara berkala kepada BAZNAS, Kementerian Agama, dan pihak-pihak lainnya yang berwenang.

Bacaan Lainnya

Juga kepada para donatur, sahabat zakat secara umum. Laporan keuangan maupun kinerja LAZ Zakat Sukses dapat sahabat zakat peroleh melalui annual report, majalah, dan laporan pendistribusian yang dapat diunggah di website Zakat Sukses.

Penghargaan ini tentunya didapatkan berkat dukungan dari sahabat zakat sekalian yang telah mengulurkan tangannya untuk membayar zakat, infaq, shodaqoh, dan donasi lainnya di Zakat Sukses. Dalam menyalurkannya kepada calon mustahik, Zakat Sukses selalu melakukan seleksi baik berupa berkas, lokasi, wawancara, maupun seleksi lainnya.

Tidak hanya dilihat dari sektor ekonomi, penyeleksian juga mempertimbangkan beberapa kuadran lain, seperti aspek spiritual mustahik tersebut.

Prestasi luar biasa yang diraih Zakat Sukses pada ajang BAZNAS Jabar Award 2022 ini sekaligus menutup momentum dan perjalanan panjang selama tahun 2022. Seperti kita ketahui bersama, sepanjang tahun 2022, Zakat Sukses telah mendukung tujuan Sustainable Development Goals (SDGs) melalui 5 pilar utamanya, yaitu dakwah, sosial kemanusiaan, pendidikan, kesehatan & lingkungan, dan pemberdayaan (ekonomi). Puncaknya, ketika terjadi bencana alam berupa gempa bumi di Cianjur dan Erupsi Semeru di Lumajang, Jawa Timur, LAZ Zakat Sukses bergerak cepat dengan mengirimkan bantuan pokok untuk para korban yang terdampak gempa.

“Alhamdulillah dan terima kasih kami ucapkan kepada sahabat zakat sekalian yang selalu mendukung dan mempercayai kami hingga saat ini,” kata Direktur LAZ Zakat Sukses, Sunarto Zulkifli, S.TP., M.M.

“InsyaAllah, kami akan terus menebarkan kebaikan demi kemashlatan dan kesejahteraan umat. Allah SWT dalam Al-Qur’an Surah Surat Al Maidah Ayat 2 berfirman yang artinya, ‘Saling Menolonglah kamu dalam melakukan kebajikan dan taqwa. Dan jangan saling menolong pada perbuatan yang dosa dan permusuhan. Bertakwalah kepada Allah SWT’,” tukas Zulkifli.  (ari).