Zakat Award 2022, Zakat Sukses Sabet Penghargaan Program Perempuan Tanpa Utang

DEPOKUPDATE.ID, JAKARTA – Indonesia Giving Fest – Zakat Expo 2022 telah resmi digelar pada 23 hingga 24 Desember 2022. Di hari terkahir gelaran festival ini, para penerima penghargaan Zakat Award 2022 diumumkan.
Dalam menentukan pemenang, dewan juri melakukan rapat pleno untuk menilai secara keseluruhan portofolio program para peserta. 

Setidaknya ada 15 portofolio yang terbagi kedalam 5 kategori yaitu Pendidikan, Kesehatan, Ekonomi, Dakwah, dan Sosial/Kemanusiaan di 3 (tiga) skala Organisasi Pengelola Zakat (OPZ), yaitu; Kabupaten/Kota, Provinsi, Nasional.

Ketua Forum Zakat (FOZ), Bambang Suherman, menyampaikan, kegiatan ini kedepannya dapat memacu para OPZ yang terlibat dalam gerakan zakat untuk terus meningkatkan kontribusi melalui inovasi program. 

Bacaan Lainnya

Bambang menambahkan, selama ini sesama lembaga zakat hanya bertemu pada saat kegiatan acara forum zakat atau semacamnya. Akan tetapi, diharapkan melalui kegiatan ini para lembaga zakat bisa saling melihat dan saling mengukur produk yang telah dihasilkan. 
“Tentunya ini bisa meningkatkan kualitas dari produk-produk lembaga zakat satu sama lain. Kita semua berharp kegiatan ini menjadi pijakan yang baik untuk menguatkan Gerakan Zakat ke depan,” kata Bambang, Jumat (24/12/2022).

Sementara itu Direktur LAZ Zakat Sukses, Sunarto Zulkifli, S.TP., M.M. mengatakan, penghargaan ini bisa menjadi momentum bagi lembaga zakat untuk membuktikan dana yang selama ini dikelola betul-betul menghasilkan sebuah karya dan telah terbukti memberdayakan kauh dhuafa.

Zulkifli juga berharap lembaga-lembaga zakat di seluruh Indonesia semakin maju dalam menjalankan program, melaksanakan kegiatan, mengelola lembaga secara bertanggung jawab dan mampu memberikan laporan transparan kepada masyarakat secara luas. 
“Alhamdulillah dan terima kasih kami ucapkan kepada sahabat zakat sekalian yang selalu mendukung dan mempercayai kami hingga saat ini,” kata Zulkifli.

”Lembaga zakat harus mampu memberikan akses bagi masyarakat untuk tahu lebih banyak apa yang kita lakukan. Ini adalah bentuk akuntabilitas kita terhadap publik dan pertanggungjawaban kita kepada Allah SWT,” katanya. 

Berikut ini daftar penerima penghargaan Zakat Award 2022 adalah: OPZ Skala Kabupaten/Kota:
1.Zakat Sukses : Program Perempuan Tanpa Utang.
2.Berdaya Foundation : Gerakan Bumil Sehat
3.Goedang Zakat Al-Khairaat : Sekolah Penghafal Al-Quran Al-Khairaat
4.Dompet Sejuta Harapan : Tangki Air Bersih
5.LAZ YASA Malang : Dakwah Lapas
OPZ Skala Provinsi:
1.Sinergi Foundation : Fishbank Indonesia
2.Harapan Dhuafa : Pengadaan Jamban dengan Pendekatan CLTS
3.SOLOPEDULI : SMK IT SMART INFORMATIKA
4.LAZnas PHR : Clean Water Project
5.LAZnas PHR : Jaringan Masjid Berdaya (JMB)
OPZ Skala Nasional:
1.Dompet Dhuafa : Desa Tani : Berdaya di Tanah Sendiri
2.Inisiatif Zakat Indonesia : Rumah Singgah Pasien
3.LAZ AL AZHAR : RUMAH GEMILANG INDONESIA
4.Nurul Hayat : GRIYA LANSIA
5.Baitul Maal Hidayatullah : Pemberdayaan Dai Tangguh. (ari).