Wujudkan Janji Walikota Depok Alun Alun dan Taman Kota di Wilayah Barat Mulai Dibangun

Penulis: Adi Apeng
Editor: Adi

depokupdate.id, Depok – Pemerintah Kota Depok mulai membangun alun-alun taman hutan di wilayah barat, yakni di Kecamatan Sawangan dan Bojongsari. Pemkot akan menghadirkan alun-alun Kota Depok wilayah barat ini dengan konsep yang berbeda dibandingkan alun-alun sebelumnya.

Setelah Pemerintah Kota (Pemkot) Depok, memiliki satu Alun-alun di wilayah Grand Depok City (GDC) Kecamatan Cilodong. Keberadaan Alun-alun tersebut menambah ruang terbuka hijau di kota tersebut.

“InsyaAllah bulan ini mulai membangun taman Alun-alun dan Hutan Kota di wilayah barat, tepatnya di kawasan Setu 7 Muara,” kata Sekdis Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok H. Ridwan, saat meninjau lokasi di Sawangan dan Bojongsari, Kamis (22/06/2023).

Menurutnya, sudah didapatkan pemenang lelang dan saat ini persiapan pembangunan akan dimulai bulan ini.

Bacaan Lainnya

Perlu diketahui Alun-alun Depok ini di dalamnya terdapat penyediaan dan pemanfaatan ruang terbuka hijau (RTH) dan non ruang terbuka hijau.
“Taman hutan kota istilah lain alun-alun barat, tapi konsep beda dengan alun-alun Timur, ini lebih banyak pohon dan RTH (ruang terbuka hijau) nya,” kata dia.

Lalu luas total Alun-Alun Depok sebesar 2,9 hektar dengan perincian 7.500 meter persegi merupakan bangunan dan 2,15 hektarnya adalah RTH.

Ridwan mengatakan, pembangunan megaproyek alun-alun taman hutan akan dibangun dalam dua tahap, yaitu 2023 dan 2024.

“Megaproyek di bagi dua, tahun ini dengan tahun depan, yaitu pembangunan alun-alun taman hutan di Sawangan-Bojongsari,” katanya.

“Kenapa ada dua tahap, karena terkait ada masalah jembatan gantung dan sebagainya,” sambungnya.

Ridwan mengatakan, pembangunan alun-alun ini diperkirakan akan menelan biaya sebesar Rp 35 miliar, untuk tahun ini.
“Seluruhnya itu hingga tahun depan Rp 60 miliar,” ungkapnya.

Pemenang lelang dari proyek pembangunan Alun-alun dan taman Kota ini, perusahaan bernama PT Yodya Karya.

“Yang sedang dalam proses dikerjakan yaitu Alun-alun dan taman Kota wilayah Barat. Jadi pemenang lelangnya sudah ada. Masa sanggah sudah lewat, sudah tanda tangan kontrak, dan sudah mulai persiapan pembangunan. Kita akan mulai segera,” ucapnya.

Sementara itu Camat Sawangan Anwar Nasihin menjelaskan, pembangunan alun-alun dan taman Kota ini dinilai penting karena sejalan dengan program janji bapak Walikota.

“Alhamdulillah pembangunan alun-alun dan taman Kota mulai dibangun, ini janji pak Walikota kepada masyarakat khususnya di Sawangan dan Bojongsari,” ungkapnya.

Menurut Anwar, akan terus lakukan koordinasi dengan RT, RW dan LPM agar bisa menyampaikan kepada masyarakat bahwa alun-alun sudah mulai dibangun.

“Kita akan menata keseluruhan area, secara bersama sama agar koordinasinya baik. Jadi kalau kita tidak tata bersama-sama, nanti pekerjaan-pekerjaan fisiknya malah tidak sinkron,” ucap dia. (**).