Wujudkan Depok Sahabat Lingkungan Pokdarwis Dengan Gemmes Rutin Bersih Bersih Setu 7 Muara Bojongsari

Penulis: Adi Apeng
Editor: Adi

depokupdate.id, Bojongsari – Gerakan Masyarakat Membersihkan Situ (Gemmes) bersama Pokdarwis setu tujuh (7) Muara yang berlokasi di RW 08 dan RW 12, Kelurahan Kec. Bojongsari Kota Depok bergotong royong membersihkan sampah di lingkungan Setu 7 Muara, Sabtu (17/6/2023).

Kegiatan kerja bakti bersih-bersih Setu 7 Muara diikuti oleh masyarakat, SDA, Pokdarwis, dan Warga RW. RW 08 dan RW 12 Kelurahan Bojongsari, kegiatan kerja bakti itu, merupakan bentuk kepedulian warga sekitar setu 7 Muara, demi terciptanya lingkungan yang bersih, indah dan asri.

Aksi bersih-bersih difokuskan untuk membersihkan berbagai jenis sampah dari setu. Aksi diikuti oleh 37 orang, dimulai pukul 07.00 WIB dengan mengerahkan perahu karet dan metode sisir tepian setu untuk membersihkan sampah.

“Lebih dari 20 karung sampah berhasil dikeluarkan dari setu. Sampah ini terdiri dari botol dan sampah plastik, gabus sintetis (styrofoam), botol kaca dan kaleng, hingga popok bayi,” Ketua Gemmes Bojongsari, Daud sulaiman, Sabtu (17/06/2023), saat turut ikut serta kegiatan bersih-bersih Setu 7 Muara.

Bacaan Lainnya

Daud mengatakan, kegiatan ini rutin dilakukan oleh Pokdarwis Kelurahan Bojongsari yang melibatkan elemen masyarakat, Pemerintah Kota Depok dan komunitas lingkungan hidup dan sosial.

“Kolaborasi ini bertujuan mendorong partisipasi aktif masyarakat setempat dalam menjaga lingkungan, terutama di Setu ini yang merupakan tempat wisata,” katanya.

“Kami berharap bahwa kelestarian lingkungan adalah kewajiban kita bersama, sehingga kita mewariskan kebaikan untuk generasi kita selanjutnya,” tutur Daud.

“Kegiatan bersih-bersih setu pedongkelan merupakan bentuk kepedulian kita Kelurahan Tugu, khususnya bagi warga RW. 05. Atas keberadaan dari Setu Pedongkelan, bahwa ini merupakan salah satu sumber kehidupan yang harus dijaga kelestariannya,” ucap Daud.

Sementara itu Ketua Pokdarwis Nasar mengatakan, selain membersihkan Setu 7 Muara dari sampah, kegiatan ini bertujuan mendorong kesadaran warga agar peduli terhadap lingkungan.

“Kami mengumpulkan dan melibatkan beragam individu, termasuk generasi muda, lansia, dan anak-anak agar bersama-sama berkontribusi dalam menjaga kebersihan,” tandasnya.

Untuk itu, sambung dia seluruh elemen yang ada di RW. 08 dan 12 bergerak bersama dalam membersihkan Setu 7 Muara sebagai aset pariwisata Kota Depok. “Semoga kepedulian atas kebersihan, keindahan dan keasrian terhadap setu tetap terjaga. Karena itu, harus mulai dari kita menjaganya. Sehingga masyarakat bisa menjaga juga kelestarian setu, khususnya di Kelurahan Bojongsari ini,”jelasnya.(Adi).