Waooyyy Keren, Warga RW 08 Kedaung Hari Ini Kagak Boleh Makan Dirumahnya

depokupdate.id, Sawangan – Peringatan HUT Kemerdekaan ke 77 RI, diharapkan menjadi momentum kebangkitan masyarakat seluruh Indonesia, terus bangkit kembali setelah pandemi covid-19 yang melanda Indonesia.

Seperti halnya Warga RW 08 Kelurahan Kedaung Kecamatan Sawangan, hari ini Selasa (17/8/2022) dilarang untuk masak.
Warga RW 08 Kelurahan Kedaung menyelenggarakan syukuran dan Pesta Rakyat dengan warga RW08.

Kegiatan yang didukung oleh tokoh masyarakat Mas Kus, ini digelar dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke-77 sekaligus pelaksanaan lomba tujuhbelasan bagi anak anak dan warga.
“Syukuran yang penuh keceriaan menyambut peringatan HUT Kemerdekaan RI bersama rakyat warga RW 08 ini juga untuk menyegarkan kembali semangat kolektif kebangsaan kita, sekaligus membuktikan lebih meriah,” kata Ketua RT 02 Kelurahan Kedaung Hariyanto, kepada media online ini Senin, (16/8/2022).

Bacaan Lainnya

Hariyanto, menilai wajar jika di antara kegiatan HUT RI ke77, sekarang dimeriahkan dengan makan seharian bagi warga RW 08 khususnya Warga RT 02, untuk membahagiakan masyarakat.
“Terima kasih kepada tokoh dan dukungannya memberikan makan gratis, di sini warga sudah di umumin jangan masak,” ucapnya.

Ketua RT.02 Hariyanto

Diketahui, kegiatan syukuran dan Pesta Rakyat kali ini menghadirkan berbagai kegiatan sehat dan menggembirakan. Salah satunya perlombaan tradisional yang populer di kalangan warga, seperti lomba bakiak, makan kerupuk, balap karung, dan tarik tambang dan karaokean.

Hariyanto menambahkan, hari ini memang semua warga dilarang masak, sebab warga bisa makan seharian full di saung warga.
“Iya, kita sudah sampaikan ke warga besok jangan ada yang masak. Pokonya hari ini pada makan disini aj dari pagi sampe malam,” paparnya.

Untuk itu, ia berharap semua warga 08 bisa hadir dan makan bersama di pesta rakyat, yang juga di support oleh Mas Kus Fasdhu dan warga sekitar, sehingga bisa mempererat bersilaturahmi.

“Mari kita sambut HUT Kemerdekaan RI dengan syukur dan gembira, agar harapan pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat dari dampak dari COVID-19, sehingga COVID-19 tidak menodai kesyukuran atas kemerdekaan RI,” tambahnya.

Sementara itu menurut Ketua RW 08 Kedaung Adang, bertepatan dengan hari kemerdekaan RI ke 77, dipersilahkan untuk makan di Saung Warga RT. 02 RW. 08 selama satu harian dari pagi sampai malam.

“Iya, besok warga kita kagak boleh masak di rumah karena kami sudah siapkan makan bersama yang dimasak oleh dapur umum, nonstop dari jam 7 pagi hingga jam 12 malam. Jadi warga makan pagi, makan siang,makam malam di saung,” ujarnya, saat ditemui di Kelurahan Kedaung.

Dengan jumlah warga sekitar 1.600, pihanya telah menyiapkan beras 7 karung, ayam 200 ekor ikan, telur dan lain.
“Kita pilih kegiatan dapur umum dan makan bersama ini, karena ini adalah momen kebersamaan, ajang silaturahmi, kita mau warga tumplek semua ketemu di saung warga,” jelasnya.

Ketua RW 08 Adang

Kegiatan itu, kata Adang merupakan bagian acara Pesta Rakyat RW 08, dalam memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-77, yang disupport oleh sejumlah warga.
“Pesta Rakyat RW 08 ini, disupport oleh warga sendiri, diantaranya yakni Mas Kuswanto Fasdhu praktisi pengobatan alternatif dan para Kader, PKK serta warga setempat lainnya,” tuturnya.

Selain itu, sambung Adang, Pesta Rakyat 17 Agustus besok juga akan dimeriahkan dengan berbagai macam lomba permainan tradisional seperti, makan kerupuk, tarik tambang, balap karung dan lomba karaoke.

“RW 08 sebelumnya juga sudah mengikuti lomba tingkat Kelurahan, Alhamdulillah menjadi juara 2 lomba kebersihan dan kreasi lingkungan dan hari ini kita ikut lomba tumpengam. Selain itu, tanggal 18 kita gelar trofeo sepakbola tingkat RW, untuk usia 40 tahun ke atas,” pungkasnya. (Adi).