Walikota Depok Terima Kunjungan INPUMA Negara Malaysia Belajar Ketahanan Keluarga

Penulis: Adi Apeng
Editor: Adi

depokupdate.id, Depok – Walikota Depok KH Muhammad Idris menerima kunjungan kehormatan peserta Program Pelatihan Kepemimpinan, Kebijakan Publik, dan Pembangunan Bangsa, Pengarah Institut Internasional Kebijakan Publik dan Manajemen (INPUMA), Universiti Malaya, Malaysia, Rabu, (28/09/2023), di Ruang Rapat Lantai 5 Balaikota Depok.

Kunjungan yang dipimpin oleh Direktur INPUMA, Prof. Khadijah Binti MD Khalid bersama pengurus Adjung INPUMA, Lembaga Pembangunan pelebaran Malaysia (Muda) prof. DR. Datuk Sulaiman Mahbeb, prof. DR. Datu Sri Nukili Abdul Azis, dan diikuti oleh 19 orang yang dipandu oleh Direktur INPUMA.

Kunjungan INPUMA ke Kota Depok diterima langsung oleh Walikota Depok KH Muhammad Idris didampingi Ketua TP. PKK, Bunda Elly Farida, nampak hadiri para Asisten G. Gandara Budiana, Nina Suzana, staf Ahli, para Kepala Dinas.

Dalam sambutannya, Walikota Depok KH Muhammad Idris, menyampaikan kegembiraannya menyambut kunjungan para pengajar dan peserta pelatihan INPUMA, Universiti Malaya Negara Malaysia.

Bacaan Lainnya

“Ini adalah momen yang istimewa bagi Pemerintah Kota Depok, karena baru pertama kali ada delegasi Malaysia yang datang ke Kota Depok,” ucap Idris.

Lebih lanjut, Idris menjelaskan mengenai ketahanan Keluarga adalah entitas terkecil dari sebuah masyarakat, tetapi perannya sangat menentukan kualitas sebuah masyarakat, bahkan sebuah bangsa.
“Negara yang kuat bermula dari keluarga yang kokoh. Dari keluarga, mimpi indah seorang anak bermula, pendidikan berkualitas dan pembentukan karakter sebuah generasi berawal. Kualitas keluarga sangat menentukan kualitas generasi sebuah bangsa,” tuturnya.

Tim kunjungan kehormatan peserta Program Pelatihan Kepemimpinan, Kebijakan Publik, dan Pembangunan Bangsa, Pengarah Institut Internasional Kebijakan Publik dan Manajemen (INPUMA), Universiti Malaya, Malaysia, beli oleh oleh di kedai Dekranasda Kota Depok

Sementara itu, Pengarah Institut Internasional Kebijakan Publik dan Manajemen (INPUMA), Universiti Malaya Malaysia, Khadijah Binti MD Khalid dengan bercakap Malaysia mengatakan bahwa, ingin melihat sendiri perkembangan pembangunan di Indonesia, baik secara ekonomi pembangunan infrastruktur dan terutama pembangunan ketahanan Keluarga.
“Alhamdulillah kami bersama 19 pejabat awam, mewakili beberapa Kementrian Jabatan juga ada pulau pinang Kerajaan Malaysia, ingin mengetahui kemajuan Pembangunan di Indonesia,” ucap Khadijah Binti MD Khalid kepada depokupdate.id, Kamis (28/09/2023), usai menerima pemaparan terkait ketahanan keluarga di ruang aula lantai 5 Balaikota Depok.

“Termasuk kami ke Kota Depok, ingin tau dan belajar berkaitan dengan ketahanan keluarga, nantinya akan kita perkenalkan ke malaysia, karena Keluarga sangat penting dalam mengambil kebijakan institusi Bangsa dan Negara,” tambahnya.

Sebagai pimpinan rombongan Khadijah Binti MD Khalid menyampaikan bahwa, keluarga yang kuat merupakan salah satu fondasi terpenting dalam pembangunan sumber daya manusia sesuai dengan cita-cita luhur bangsa.

Ketahanan keluarga adalah kondisi dinamik suatu keluarga yang memiliki keuletan dan ketangguhan serta mengandung kemampuan fisik material dan psikis mental spiritual guna hidup mandiri, mengembangkan diri dan keluarganya untuk mencapai keadaan harmonis dalam meningkatkan kesejahteraan lahir dan batin.
“Saya rasa penting kita pelajari, memahami melihat perkembangan pembangunan di Indonesia baik secara ekonomi maupun ketahanan keluarga di Kota Depok,” ujarnya.

“Terima kasih kepada bapak Walikota Depok, bunda Elly Farida dan seluruh jajaran di Kota Depok sudah menerima kami datang ke Depok, setelah ini kami akan ke Bandung dan ke Universitas Indonesia (UI),” tutup Khadijah. (**).