Walikota Depok Pimpin Sholat Sunnah Istisqa Untuk Meminta Turun Hujan

depokupdate.id, Depok – Pemerintah Kota (Pemkot) Depok menggelar Shalat Istisqa atau salat memohon diturunkan hujan di Halaman Balai Kota Depok, Rabu (04/10/2023). Shalat Sunnah Istisqa untuk menjalankan shalat sunah meminta hujan.

Pelaksanaan Shalat Sunnah Istisqo dilaksanakan di area terbuka dan diupayakan dilaksanakan secara serentak di seluruh wilayah Kota Depok.

Salat istisqa tersebut dipimpin oleh Walikota Depok, Mohammad Idris selaku Imam dan Khatib serta dihadiri oleh Wakil Walikota Depok, Imam Budi Hartono, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok, H. Supian Suri, kepala perangkat Daerah, tokoh agama, dan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkot Depok.

Hal ini berkaitan dengan kemarau panjang dan banyak sebagian masyarakat di Kota Depok yang kekeringan, maka untuk meminta kepada Allah SWT.
“Iya hari ini serentak kita gelar di setiap Kecamatan, Kelurahan dan ada juga masyarakat,” kata Idris, yang saat didampingi Wakil Walikota Depok Imam Budi Hartono dan Aspemkesra R. Gandara Budiana.

Al-Istiqa artinya meminta curahan air penghidupan (thalab al-saqaya). Salat ini hukumnya sunah muakkadah atau sunah yang sangat dianjurkan.

Walikota Depok usai menjalankan Shalat Sunnah Istisqo menjelaskan, dalam rangka menyikapi kondisi cuaca yang semakin panas disertai musim kemarau hingga menyebabkan terjadinya kekeringan khususnya di wilayah Kota Depok.

Akibat dari kekeringan tersebut dikhawatirkan berimbas dan berdampak ke hal lain yang berbahaya seperti, kebakaran, kegagalan panen, kesehatan masyarakat serta dampak lainnya.

“Melalui Shalat Istisqo mari kita jadikan sebagai momentum introspeksi diri, mungkin ibadah kita masih kurang, atau ada sifat iri dengki dari diri kita sendiri, atau ada sikap yang berlebihan, khilaf, maksiat, dan dosa lainnya, dengan sholat sunat Istisqa kita niat kan bermunasabah dan bertekad untuk tidak mengulangi hal yang tidak baik dan kita terus memohon ampun kepada Allah SWT,” ungkap KH Muhammad Idris.

KH Idris menjelaskan, Pemerintah Kota Depok bersama-sama masyarakat melakukan Shalat sunah Istisqo, memohon kepada Alloh SWT sang pencipta bumi dan langit, dapat menurunkan hujan, semoga Allah SWT mengabulkan apa yang kita mohonkan.

“Musim kemarau ini sudah lama sudah lebih dari 2 bulan, di beberapa titik sudah mengalami krisis air bersih,” ujar Dia.

Dia juga mengimbau kepada seluruh masyarakat Kota Depok agar bisa melakukan hal yang sama melakukan sholat Istisqo ini, waktunya kita untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Di samping itu Idris juga mengimbau untuk masyarakat Kota Depok pada saat ini sedang musim kemarau, harus berhati-hati jangan sampai membakar sampah sembarangan.

“Hal itu, bila kurang hati-hati dan teliti, bisa merembet ke tempat lain yang sering terjadi di beberapa tempat, lebih baik di simpan dulu untuk sementara,” tegasnya. (**).

Penulis: Adi Apeng
Editor: Adi