Walikota Depok Melantik 500 Pramuka Kwarcab Depok Menjadi Pramuka Garuda

Penulis: Adi Apeng
Editor: Adi

depokupdate.id, depok – Walikota Depok sekaligus Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Kota Depok melantik dan menyematkan lencana kepada 500 Pramuka Garuda dari golongan siaga, golongan penggalang serta golongan penegak.

Pelantikan dan pengukuhan yang di gelar di halaman kantor Walikota Depok, Jumat sore (27/10/2023) tersebut ditandai penyematan lencana Pramuka Garuda, secara simbolis kepada 2 anggota putra dan putri siaga dan 2 anggota putra dan putri penggalang.

Walikota Depok KH Muhammad Idris menyampaikan bahwa, melalui Gerakan Pramuka, generasi muda ditempa untuk menjadi generasi penerus bangsa yang tangguh.

“Pramuka menempa seluruh anggotanya menjadi generasi yang tangguh, Pramuka menggodok para anggotanya untuk ke depan menjadi Sumber Daya Manusia yang memiliki kemandirian dan daya saing,” kata Idris, saat memberikan sambutannya.

Bacaan Lainnya

Lebih lanjut, KH Idris mengatakan, bahwa para anggota Pramuka yang merupakan calon pemimpin di masa yang akan datang saat ini harus berproses dalam segala kesulitan dan bahkan mungkin tidak dilakukan dengan cara-cara yang biasa dan cara-cara yang mudah.

“Maka saya menaruh harapan besar kepada adik-adik semuanya untuk terus berproses dan terus mengenyam ilmu baik dari sisi akademis maupun dari non akademis, termasuk melalui gerakan Pramuka yang akan menjadi bekal kehidupan kalian di masa yang akan datang,” tuturnya.

Dengan pelantikan dan penyematan lencana Pramuka Garuda, ini pun berharap agar para anggota Pramuka menjadi lebih aktif dan termotivasi dalam menuntut ilmu.

“Jadikan lencana itu sebagai motivasi bagi kalian untuk bergerak lebih aktif lagi dalam rangka mengasah keterampilan sekaligus mengasah sensitivitas moral dan kemanusiaan untuk lebih peduli kepada sesama kita,” pesannya.

Pada kesempatan ini pula, KH Idris juga menyampaikan terimakasihnya kepada seluruh pembina Pramuka baik dari tingkat cabang maupun ranting, serta para orang tua yang membina dan mendukung para anggota Pramuka Kota Depok.

Sementara itu di tempat yang sama Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Kota Depok Nina Suzana mengatakan, Pramuka Garuda merupakan tingkatan tertinggi dalam setiap golongan Pramuka baik Siaga, Penggalang, Penegak, Pandega.

“Proses dimulai dari keluarga, berproses di gugus depan melalui tahapan pencapaian syarat kecakapan umum dan syarat kecakapan khusus dan pada akhirnya berproses di kwartir ranting untuk melaksanakan serangkaian ujian hingga dinyatakan layak untuk dilantik,” ucap Nina.

Nina menambahkan dari tahun ke tahun gerakan Pramuka sudah mulai berkembang pesat dari semua tingkatan. Dirinya mengaku bangga dan bersyukur dengan banyaknya hasil dan kemajuan yang telah diperoleh oleh Pramuka Depok dengan dukungan berbagai pihak.

“Dalam moment yang baik ini saya memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih yang setulus-tulusnya, kepada seluruh yang terlibat,” tuturnya.

Nina berpesan kepada para Pramuka Garuda terlantik untuk menjadikan momentum ini menjadi sarana untuk terus meningkatkan proses belajar, berkarya dan membangun semangat persatuan sebagai sesama anak Bangsa.

“InsyaAllah melalui gerakan pramuka, kalian dapat menimba ilmu dan keterampilan lebih banyak di samping yang kalian peroleh di sekolah,” tutupnya. (**).