Wakil Walikota Depok Membuka STQ ke XXII Tingkat Kecamatan Panmas, STQ Pemacu dan Pemicu Untuk Lebih Memahami Al-Qur’an

DEPOKUPDATE.ID, PANCORAN MAS – Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) tingkat Kecamatan Pancoran Mas ke XXII secara resmi dibuka oleh Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono, bertempat di aula Pondok Pesantren Al Hidayah, Selasa (04/10/2022).

Imam Budi Hartono yang akrab disapa IBH, dalam sambutannya mengatakan Al-Qur’an diturunkan oleh Allah SWT, kepada umat manusia melalui Malaikat Jibril lalu diberikan kepada Nabi Muhammad SAW.

Menurutnya Al-Qur’an bukanlah sesuatu yang hanya diperlombakan, tetapi juga harus dibaca, dipahami, dan diamalkan.

Bacaan Lainnya

Salah satu cara mensosialisasikan Quran adalah dengan acara Seleksi Tilawatil Quran (STQ).

Wakil Walikota juga berharap dengan diadakannya acara ini dapat meningkatkan bacaan Quran kita.
“Lomba Quran merupakan sebuah budaya di Indonesia, terutama di Kota Depok agar kegiatan membaca Quran dengan baik dan benar, terus juga bisa mengetahui kandungan isi Al-Quran itu bagian yang sangat penting bagi kita sebagai umat islam di Kota Depok agar bisa mengamalkan apa yang diturunkan oleh Allah SWT,” kata Imam Budi.

Menurut IBH, penyelanggaraan STQ ini sebagai salah satu amanat dan peran serta LPTQ dalam membentuk, membangun dan mengembangkan nilai-nilai Ayat Suci Al-Quran di tengah-tengah kehidupan seluruh lapisan masyarakat.
“Dengan ini, kami atas nama Pemkot Depok mengucapkan banyak terima kasih kepada LPTQ dengan perhatian dan kerjasama yang baik dapat merealisasikan pelaksanaan kegiatan STQ ini. Ini sangat baik dalam membentuk, membangun dan mengembangkan nilai-nilai Ayat Suci Al-Quran di tengah-tengah kehidupan seluruh lapisan masyarakat,” kata Wakil Walikota.

IBH menuturkan, Al-Quran merupakan kitab suci yang didalamnya mempunyai ajaran yang sangat sempurna dan ini harus diyakini kebenaran, kesempurnaan dan kesuciannya. Selain itu juga ajaran yang terkandung di dalamnya sangatlah luhur, karena memuat berbagai aspek kehidupan manusia dalam upaya membentuk jiwa dan pribadi manusia yang Qurani.

“Dengan hari ini akan dikumandangkan lafal-lafalnya oleh para Qori-Qoriah dan Hafidz-Hafidzah terbaik dalam ajang STQ ini,” ujarnya.

IBH menjelaskan, momentum STQ ini hendaklah tidak hanya dilihat dari sudut pandang perlombaan. Namun, harus dipandang sebagai manfaat dan amalan isi dari kandungan Al-Quran dalam rangka meningkat taraf hidup kehidupan beragama, berbangsa dan bernegara yang Qurani. (adi).