Wakil Walikota Depok Buka Lomba Cerdas Cermat, Pesertanya SKB dan PKBM Paket A, B dan C

Penulis: Adi Apeng
Editor: Adi

depokupdate.id, Depok – Dinas Pendidikan Kota Depok, menggelar berbagai lomba diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia Ke-78. Lomba cerdas cermat pendidikan kesetaraan, dalam semarak Kemerdekaan mengusung tema ‘Merdeka Berprestasi, Talenta Menginspirasi,’.

Kegiatan tersebut berlangsung selama satu hari di Aula Serbaguna Lantai 10, Gedung Dibaleka II Kota Depok, dibuka langsung Wakil Walikota Depok Ir. Imam Budi Hartono, nampak hadir Kepala Dinas Pendidikan Kota Depok Siti Chaerijah Aurijah, S.Pd.,MM, para Kabid dan kasi di jajaran Disdik Kota Depok.

“Kegiatan ini masih berkaitan HUT RI Ke-78 ya, selamat mengikuti lomba. Kegiatan ini beri wadah untuk berkreasi. Ini merupakan langkah awal dalam menggapai cita-cita,” ujar Wakil Walikota Depok Imam Budi Hartono, usai membuka kegiatan Lomba Peserta Didik Dikmas, Selasa (29/08/2023).

Bang Imam sapaan akrabnya itu mengatakan, kegiatan ini sebagai wadah bagi peserta didik kesetaraan untuk berkreasi di bidang ilmu pengetahuan, keterampilan dan seni. Kemudian, meningkatnya ekspresi seni sesuai dengan budi pekerti dan karakter.

Bacaan Lainnya

Bang Imam menyebut, Pemerintah Kota (Pemkot) terus mendukung serta memfasilitasi siswa di Depok agar memiliki wadah untuk mengasah kreativitas.
“Salah satunya dukungan iya ini anak-anak kita dalam dunai pendidikan mereka kita perhatikan,” kata Imam.

“Lomba ini sangat bagus dilaksanakan, karena dapat mengasah kecerdasan anak-anak dan mendidik mereka untuk semangat belajar dalam setiap bidang ilmu pengetahuan, seni budaya sebagai kekayaan dan kekuatan bangsa. Sekali lagi selamat mengikuti lomba,” tutur Imam.

Ditempat yang sama Kepala Disdik Kota Depok Siti Chaerijah Aurijah mengatakan, dengan adanya lomba cerdas cermat, daur ulang sampah dan menyanyi Trio yang digelar Dinas Pendidikan, maka dapat memberikan ruang kepada seluruh pelajar untuk berprestasi.

“Peserta terdiri dari anak didik hanya untuk Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) dan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Paket A, B dan C,” jelasnya.

Siti Chaerijah menjelaskan, layanan Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) adalah unit pelaksana dibawah Dinas Pendidikan berstatus Negeri dibawah pemerintah Daerah.

“Kalau PKBM itu adalah berstatus swasta dibawah yayasan layanan Pendidikan Non Formal (PNF) yang di dirikan oleh masyarakat dan untuk masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Seksi (Kasi) Dikmas pada Disdik Kota Depok Sugeng Rusnadi mengatakan, ada tiga lomba yang dipertandingkan antara lain lomba cerdas cermat, lomba daur ulang sampah dan lomba menyanyi trio.
“Total peserta kurang lebih ada 180 peserta. Mudah-mudahan melalui kegiatan ini, dapat tumbuh sportivitas dan kompetitif peserta didik paket kesetaraan,” ucap Sugeng.

Sugeng mengungkapkan, Lomba cerdas cermat diikuti oleh jumlah peserta, Paket A (setara SD) 10 tim, Paket B (setara SMP) 10 tim, dan Paket C (setara SMA) 12 tim. Sedangkan lomba daur ulang sampah paket A 8 tim, paket B 10 tim dan paket C 12 tim, yang terakhir, lomba menyanyi trio terdiri dari 8 tim.

“Alhamdulillah peserta luar biasa antusias mengikuti lomba ini. Bagi yang juara akan mendapatkan piala dan uang pembinaan, mudah mudahan di tahun yang akan datang akan lebih baik lagi,” tutup Sugeng. (***).