Waaooyy Keren! Superiors Abadijaya, Peringati Sumpah Pemuda Katar Abadijaya Gelar Giat Satu Bulan Berakhir Di Tutup Wakil Walikota Depok

DEPOKUPDATE.ID, SUKMAJAYA – Turut memeriahkan peringatan Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2022, Karang Taruna (Katar) Kelurahan Abadijaya Kecamatan Sukmajaya, Kota Depok menggelar acara puncak hari Minggu, (5/11/2022) beragam kegiatan yang melibatkan para pemuda Kelurahan Abadijaya. Lokasinya di area Taman jalan Merdeka Kelurahan Abadijaya (Jalur Gocap).

Superiors Abadijaya berakhir ditutup Wakil Walikota Depok Imam Budi Hartono, nampak hadir Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Hj. Iin Nur Fatinah Amd, Anggota DPRD Kota Depok Fraksi Demokrat Endah Winarti, Plt. Camat Sukmajaya Wiyana, Lurah Abadijaya Sodik Murdiono, Ketua TP. PKK, kader PKK, Kelurahan Abadijaya, para Ketua RT dan RW, tokoh maayarakat serta tokoh Agama, Ketua Katar Kota Depok Jayadih.

Katar Kelurahan Abadijaya dibawah kepemimpinan Irwan Nurwanto, selaku Ketua Karang Taruna Kelurahan Abadijaya ini, hampir satu bulan berbagai kegiatan telah digelar, dan di hari puncaknya telah menyiapkan rangkaian acara-acara menarik yang menggugah semangat para pemuda Katar khususnya.

Kegiatan diawali Senam Sehat, lomba tumpeng, pembacaan narasi Sumpah Pemuda, dengan menampilkan Musik anak muda Kelurahan, penampilan seni, dan Budaya, menampikan pencaksilat pembagian hadiah hasil lomba, hal ini di maksudkan mengenang masa-masa perjuangan para pemuda-pemudi Indonesia. Acara dilaksanakan mulai jam 7.30 hingga 22.00 WIB.

“Event ini mengangkat tema Superiors Abadijaya (Sumpah Pemuda Katar, Inovasi, Olahraga dan Seni)”, kita sudah mulai kegiatan dari awal Oktober dan hari ini acara puncaknya,” kata Irwan kepada media online ini, Minggu (5/11/2022) usai acaranya.

Bacaan Lainnya

Menurut Irwan, digelarnya kegiatan tersebut merupakan sebagian kecil wujud bakti para pemuda untuk negeri, yang tergabung dalam komunitas Karang Taruna Kelurahan.

“Ini, bakti kami untuk negeri, muda peduli, inovasi melalui olahraga dan seni budaya dan pekan kreatifitas pemuda,” ucap Irwan.

“Awal Oktober yang lalu kami telah menggelar event olahraga mulai dari sepakbola futsal, bulutangkis, batminton, lomba kreasi anak muda katar Abadijaya,” tambahnya.

Momentum peringatan hari sumpah pemuda, Katar sangat eksotis yang mana beragam pertunjukan seni dan budaya di tampilkan dalam acara tersebut.

Ditempat yang sama Lurah Abadijaya Sodik Murdiono mengatakan, kegiatan Superiors Abadijaya, dalam rangka memeriahkan hari sumpah pemuda yang bertajuk Optimalisasi kreativitas sebagai bentuk pengimplementasian nilai-nilai perjuangan pahlawan.

Selain itu, agar anak muda masa kini untuk tidak melupakan terhadap Seni dan Budaya yang ada di Kota Depok khususnya Kelurahan Abadijaya.

“Acara ini digagas oleh Katar Abadijaya. Kita ingin anak muda jangan lupa dengan seni budaya kita. Karena, jangan sampai anak sekarang lupa dengan seni budaya kita,” ungkap Sodik kepada wartawan.

Sodik berharap, atas terselenggaranya kegiatan tersebut untuk kedepannya diharapkan dapat memotivasi para generasi muda khususnya di wilayah Abadijaya untuk melestarikan kesenian dan kebudayaan.

“Yang ditampilkan salah satunya pencak silat, Karate, juga kesenian tari tradisional dan musik tradisional kemudian penutup kita akan adakan teater dan para pemuda karang taruna turut menampilkan keterampilan mereka dalam kegiatan ini,” ucapnya.

Sementara itu Pengurus RW 19 dan Victor Malbanat pengurus RW 19 dan juga ketua gm Fkppi Kota Depok menuturkan, menuturkan, Dalam kegiatan inipun melibatkan sejumlah pemuda di wilayah Abadijaya turut berpartisipasi dan meramaikan acara gelaran pemuda itu.

“Superiors Abadijaya (Sumpah Pemuda
Katar, Inovasi, Olahraga dan Seni), keren sekali berbagai event disini di sudah dilaksanakan dan hari pincaknya berbagai penampilan pemuda di suguhkan,” ujar Viktor.

“Sumpah Pemuda itu tidak hanya seremonial. Jadi harus ada sesuatu yang bermakna yang membuat kita ingat bagaimana sejarah kita dulu yang berbeda-beda namun sekarang menjadi satu,” katanya menambahkan.

Viktor mengungkapkan, Sumpah Pemuda mencerminkan komitmen persatuan bangsa yang multikultural, jiwa kepemudaan yang semangat tegas serta keyakinan untuk selalu adaptif dalam segala perubahan.

“Ini adalah sebuah refleksi dari nilai kebhinekaan yang mempersatukan keanekaragaman bangsa untuk mencetak pemuda yang berkontribusi guna bersatu membangun bangsa,” pungkasnya.(adi).