UPT Disdamkar dan Penyelamatan Bojongsari Selamatkan Rumah Kosong Ludes di Lalap Api

depokapdate.id, Sawangan – Satu rumah kembali ludes terbakar, di jalan Raya Sawangan BSI 1 Blok G nomer 15, Kelurahan Bedahan Kecamatan Sawangan Kota Depok, di lalap api sekitar pukul 13.20 WIB, Minggu (10/7/2022).

Api yang terlihat muncul dari atap rumah itu dalam hitungan menit langsung melahap barang seisi rumah. Beruntung pemadam kebakaran cepat tiba di lokasi, sehingga api tidak menjalar ke rumah penduduk lainnya.

“Dugaan api berasal dari warga bakar sampah di samping yang kosong, dari plafon rumah. Saat itu plafon yang terbakar jatuh ke bawah dan langsung melahap barang-barang yang ada dibawah rumah tersebut, hingga seluruhnya hangus tak tersisa,” kata Kepala UPT Disdamkar dan Penyelamatan Bojongsari Munadi, kepada media online ini kemaren sore.

Munadi mengaku, api tidak sempat menjalar karena warga berinisiatif melakukan penyiraman dengan selang yang dikeluarkan dari keran rumah warga terdekat.

Bacaan Lainnya

“Pas tiba Pemadam kebakaran, api baru berhasil dijinakan. Namun dari kejadian ini sama sekali tidak ada barang milik korban yang berhasil diselamatkan,” jelasnya.

Untuk pemadaman, sebanyak dua mobil diterjunkan. “Kedua mobil pemadam langsung menyemprotkan air ke sejumlah rumah yang berdekatan, makanya api tidak sempat menjalar,” ujar Munadi.

Saat kejadian, rumah dalam keadaan kosong sedang bepergian. Akiabat kejadian ini, tak ada satu pun barang yang bisa diselamatkan, termasuk surat-surat berharga. 
“Kalau kerugian, masih dalam penyelidikan, sebab seisi rumah ludes,” ujarnya. (Adi).