Turnamen Catur KPK CUP I, Dibuka Ketua Umum Percasi Kota Depok, Luar Biasa Peserta Membludak

Penulis: Adi Apeng
Editor: Adi

depokupdate.id, Depok – Animo pecatur mengikuti open tournamen catur KPK Cup 2023 sangat besar. Di luar dugaan jumlah pecatur yang mengikuti kejuaraan ini mencapai 200 orang, sebanyak 26 tim. Tak tanggung tanggung panitia memangil wasit Nasional dan juga master catur Royhan.

Gelaran turnamen catur yang di gelar oleh Komunitas Pecatur Kolong bersama Komunitas Kampung Cinta Depok (K3D), berlangsung di Kolong Flay Over Depok Baru jalan Arif Rahman Hakim Kota Depok, Minggu (10/09/2023).

Turnamen catur tersebut di buka langsung Ketua Percasi Kota Depok Abdul Rahman, nampak hadir Anggota DPRD Fraksi PKS M. Hafid Nasir, Calon Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Bunda Elly Farida, Ketua RW dan RT dan jajaran pengurus KPK serta Bhabinkamtibmas Kelurahan Depok Aiptu Edi, tokoh masyarakat dan peserta turnamen.

“Ini sangat luar biasa. Turnamen pertama KPK yang pesertanya lebih 200 orang. Turnamen terbanyak di Kota Depok, sebab ada pecatur dari Tanggerang, Bogor,” kata Ketua KPK Asep Muslihat kepada depokupdate.id, Minggu (10/09/2023).

Bacaan Lainnya

Asep mengatakan, semula panitia sudah menutup pendaftaran peserta. Hanya saja beberapa pecatur dari luar Kota Depok baru mendaftar saat registrasi sehingga tetap diakomodasi.
“Turnamen ini memakai sistem Swiss enam babak, pake kecepatan waktu 10 menit + 3 detik Increment per langkah. Jumlah pemain 6 orang, 4 orang pemain 2 orang cadangan,” jelas Adep.
“Turnamen ini merebutkan piala KPK Cup pertama, uang pembinaan Juara 1. 1.5 juta juara 2. 1 juta dan juara ketiga 500 ribu dan piala,” papar Asep.

Ketua Percasi Kota Depok Abdulrahman, yang secara resmi membuka turnamen KPK Cup 1

Secara khusus Asep juga mengucapkan terima kasih atas dukungan PB Percasi Kota Depok Abdulrahman, M. Hafid Nasir Anggota DPRD dari fraksi PKS, kemudian Bunda Elly Farida, yang mensupport kegiatan ini. Ini memberi motivasi dalam mendorong prestasi catur di Kota Depok.

Sementara itu Ketua Percasi Kota Depok Abdulrahman, yang secara resmi membuka turnamen KPK Cup 1, saat ditemui media ini, mengaku bangga pelaksanaan turnamen ini bisa digelar di K3D, “Saya juga melihat jika saat ini geliat catur di Kota Depok terus berkembang, ini terbukti dari beberapa atlet catur Kota Depok sudah bisa unjuk gigi di tingkat Jawa Barat maupun Nasional,” ujar Abdulrahman.

Abra sapaan akrabnya ini menjelaskan, maksud dari tujuan event ini adalah mencari cikal bakal atlet yang mampu melahirkan prestasi di berbagai event baik nanti tingkat Jawa Barat maupun nasional.
“Kita juga sedang mencari bibit berbakat pecatur untuk Kota Depok. Ada beberapa nomor yang dipertandingkan diantaranya catur standar dan catur cepat semua kategori.

“Kami sangat mengapresiasi Kesiapan KPK menggelar Catur KPK Cup pertama 2023.”Ini dinilai sangat penting bagi para pecatur untuk melanjutkam titik karirnya. Saya juga percaya jika di Kota Depok memang sudah tidak diragukan banyak sekali potensi atlet prioritas juara,” tukasnya.

Ditempat yang sama Ketua Umum K3D Kota Depok Ibnu Haris Mansyur, ketika di temui mengatakan, open turnamen catur KPK Cup pertama non master, berkolaborasi bersama dengan KPK. Sebagai sarana untuk meningkatkan bakat.
“Kehadirannya saya sebagai pembina KPK, tentunya kami mengharapkan catur harus maju, sehingga pembinaan Percasi ini bukan hanya orang tua akan tetapi pembinaannya mulai dari usia dini,” ungkapnya.

“Turnamen catur ini adalah untuk menjalin silaturahmi kita dalam rangka memperkuat khususnya cabang olahraga yang menjadi bagian proses penguatan prestasi di Kabupaten Serang,” ujarnya.

Ibnu menyampaikan, selamat datang, selamat berkenalan dan selamat bertanding acara turnamen catur non master piala KPK Cup pertama.

“Terima kasih rekan -rekan pencatur Kota Depok dan luar Kota Depok. Ini salah satu cara yang tak kalah seru untuk memeriahkan percaturan di Kota Depok yang unik dan kreatif. (**).