Tingkatkan Penghasilan Warga, Kelurahan Tapos Gelar Pelatihan Ketrampilan Tata Rias Penganten

DEPOKUPDATE.ID, TAPOS – Kelurahan Tapos Kecamatan Tapos Kota Depok, terus melakukan pemberdayaan kepada masyarakat. Itu dilakukan sebagai upaya untuk memperkuat ketahanan ekonomi dan penghasilan untuk warga Kelurahan Tapos kuhusnya dan pada umumnya di Kota Depok yang Maju, Berbudaya dan Sejahtera.

Salah satu upaya pemberdayaan itu diwujudkan dalam bentuk keterampilan pelatihan Tata Rias Kecantikan Kelurahan Tapos Tahun 2022 yang merupakan kegiatan berbasis kompetensi. Digelar mulai Selasa (23/8) hingga Rabu (24/8/2022) di aula DeTambulatong Tapos. Acara di buka langsung Lurah Tapos Soleh, S.Pd.

Kasi Ekonomi dan Pembangunan (Ekbang) Kelurahan Tapos Galih Catur Prasatya, S.STP mengatakan, pelatihan itu melibatkan 35 orang peserta yang berasal dari para kader, pelaku umkm serta anak muda.
“Alhamdulillah kegiatan ini berjalan dengan baik dan sukses, mereka biasa make up pawai, wisuda atau pengantin. Jadi mereka sudah punya pengalaman,” kata Galih kepada depokupdate.id kemaren.


Kasi Ekonomi dan Pembangunan (Ekbang) Kelurahan Tapos Galih Catur Prasatya, S.STP, berfoto bersama peserta pelatihan tata rias penganten

Galih menuturkan, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan skill atau keterampilan di bidang tata rias.
“Pelatihan tata rias ini dibiayai oleh Dananya bersumber dari APBD Kota Depok melalui usulan musrenbang tahun 2021,” paparnya.

Bacaan Lainnya

Pelatihan tata rias menurut Galih, materi yang di sampaikan oleh tutor atau penyaji meliputi, belajar materi rias wajah.
“Mulai dari make-up harian, make-up graduation, make-up modern wedding, hijab wedding, hingga make-up creative painting atau make-up fantasi, kemudian tak lupa tata cara potong rambut,” ungkap Galih.

Galih berharap, pelatihan seperti itu bisa tetap dipertahankan. Bahkan ditingkatkan karena menurutnya manfaatnya sangat besar. Apalagi melihat potensi di Tapos yang sering mengadakan karnaval ataupun pagelaran kebudayaan. Dengan begitu, keahlia tata rias sangat dibutuhkan.

“Harapannya adalah agar memiliki keterampilan yang bisa menjadi peluang usaha utk menambah penghasilan tentunya. Apalagi kita tau saat ini, tata rias memiliki peluang usaha yang ramai dan sangat menjanjikan dan dibutuhkan jasanya seperti acara wisuda, lamaran, pernikahan, atau acara-acara besar lainnya,” pungkasnya. (Adi).