Tingkatkan Pengetahuan Pengawas, Bawaslu Depok Gelar Sosialisasi Peraturan Hukum

Penulis: adi apeng
Editor: adi

depokupdate.id, Depok – Bawaslu Kota Depok menggelar kegiatan Sosialiasi dan Implementasi Peraturan Bawaslu dan Produk Hukum Non Peraturan Bawaslu di Wisma Makara UI, Selasa (27/2/2024).

Ketua Bawaslu Kota Depok, M. Fathul Arif mengatakan jika dilaksanakan kegiatan ini untuk meningkatkan kapasitas pengawasan Bawaslu Kota Depok.
“Ya kami memberikan wawasan terkait sosialisasi peraturan hukum. Artinya ketika rekap yang saat ini menghadapi ada di Kota, tentu pengawas Kecamatan kami juga perlu memperbarui kembali pengetahuannya,” ujar Fathul Arif.

Fathul Arif menjelaskan, maksud dari mengupdate pengetahuan pengawas kecamatan itu, contohnya seperti nanti jika menyaksikan menyaksikan pemilu 2024 ini
“Seperti misalkan kita nanti ada sengketa, bagaimana nanti untuk pelaksanaannya,” jelasnya.

Ketua Bawaslu Kota Depok, M. Fathul Arif, saat memberikan keterangan pers di wisma makara UI

Lebih lanjut, Fathul Arif berharap jika para pengawas ini memperhatikan betul sosialisasi ini agar benar-benar paham jika nantinya menjalani pemilu di Mahkamah Konstitusi (MK)
“Jadi kita juga minta kepada pembicara untuk mengeksplor lebih jauh tentang bagaimana pengalaman mereka ini ketika berperkara di MK,” tuturnya.
“Sehingga kita dapat mengantisipasi nanti ada potensi-potensi yang mengarah ke situ,” sambungnya.

Bacaan Lainnya

Namun, Fathul Arif juga menambahkan, jika Bawaslu Kota Depok sampai saat ini belum menerima laporan terkait potensi permasalahan pemilu yang mengarah ke MK.
“Tapi memang hingga saat ini belum ada potensi yang mengarah ke sana ya, namun kita tetap bersiap diri sebagai bentuk antisipasi,” tuturnya. (**).