Tingkatkan Kualitas HIPKI Kota Depok Kedepan Akan Vokasi Edukasi Publik Kembangkan Keterampilan Siap Kerja

Penulis: Adi Apeng
Editor: Adi
Wakil Ketua HIPKI Bunda Ernawati (kanan), Sekretaris HIPKI Kota Depok Ali Muhli, SE., MM. (tengah) dan Ketua DPC HIPKI Kota Depok Warno, M.Kom (kiri)

depokupdate.id, Depok – Dewan Perwakilan Cabang (DPC) Himpunan Penyelenggara Pelatihan dan Kursus Indonesia (HIPKI) Kota Depok, setelah sukses menggelar gebyar pameran kursus dan pelatihan terbesar di Kota Depok. Meskipun lebih besar menyerap anggaran secara swadaya dari para pengurus.

Menurut rencana program ke depan akan menggelar acara Gebyar Vokasi, guna mengedukasi publik agar mengetahui bahwa sudah ada lembaga kursus, yang dapat mengembangkan keterampilan untuk siap bekerja atau berwirausaha.

“Melalui gebyar vokasi nantinya, kami ingin memasyarakatkan bahwa lembaga kursus sangat berkontribusi mengentaskan pengangguran. Apalagi dalam kondisi pasca pandemi Covid-19 ini pentingnya vokasi. Sehingga, vokasi dari lembaga kursus ini, dapat mengembangkan keterampilan untuk siap bekerja atau berwirausaha,” kata Wakil Ketua DPC HIPKI Kota Depok Ernawati, saat di temui depokupdate.id, Sabtu (7/09/2023) di lokasi Gebyar D’Mall Depok.

Ernawati menambahkan, HIPKI Kota Depok ingin menyampaikan ke masyarakat, bagaimana generasi muda memiliki keterampilan dan siap kerja. Apalagi ada program dari Direktorat Kursus dan Pelatihan, untuk Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL), yang artinya peserta didik kursus ini bisa melakukan pendidikan ke jenjang lebih tinggi, tanpa memulai dari awal.

Bacaan Lainnya

“Sehingga tujuan gebyar vokasi ini, dapat membuka pola pikir masyarakat bahwa saat ini sudah ada Lembaga Kursus yang bisa mencetak pekerja profesional dan siap kerja ke luar negeri atau berwirausaha,” ungkap Wakil ketua Ernawati dan juga sebagai pemilik LKP Hadi Jaya ini.

Ernawati yang saat itu bersama Sekretaris HIPKI Kota Depok Ali Muhli, SE., MM menuturkan, seiring perkembangan zaman, di era saat ini dan dimasa depan sumberdaya manusia (SDM) yang dibutuhkan saat ini adalah yang memiliki kompetensi dalam pemanfaatan teknologi digital.

Abad 21 yang bersamaan dengan era revolusi industri 4.0 menuntut perubahan mendasar dalam pendidikan. Tuntutan dunia mengharuskan bidang pendidikan melakukan berbagai inovasi dan terobosan dalam meningkatkan kompetensi sumber daya manusia (SDM).

Selama ini, sambungnya, beberapa LKP sangat menyangkan tidak hadirnya Dinas Pendidikan Kota Depok dan penilik dan Dinas Sosial Kota Depok, dalam acara gebyar pameran kursus dan pelatihan terbesar di Kota Depok.

“HIPKI itu LKP adalah partner Disdik dan Dinsos dalam rangka melaksanakan pengawasan, supervisi dan pembinaan,” katanya.

Sementara itu, Ketua DPC HIPKI Kota Depok Warno, M.Kom mengatakan, tentunya kegiatan gebyar vokasi ini, sangat bermanfaat untuk masyarakat (publik). Karena, bisa memberikan informasi apa saja program LKP.

Wakil Ketua HIPKI Bunda Ernawati (kanan), Sekretaris HIPKI Kota Depok Ali Muhli, SE., MM. (tengah) dan Ketua DPC HIPKI Kota Depok Warno, M.Kom (kiri)

“Sejatinya, program Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) merupakan implementasi dari Direktorat Kursus dan Pelatihan. Sehingga, kalau ada program pendidikan kecakapan kerja dan kecakapan mitra usaha dapat terwujud,” tuturnya.

Besar harapan saya Organisasi HIPKI dapat bermitra dengan instansi-instansi di Kota Depok serta berkolaborasi dengan Organisasi Lembaga Kursus lainnya.

“Semoga harapan ini dapat terlaksana dengan baik sehingga ke depannya Organisasi HIPKI menjadi central Informasi dan bermanfaat bagi Kota Depok,” pungkasnya. (**).