Terbar Kebaikan Ramadhan, Sekolah Relawan Berangkatkan Tim Ekspedisi Kejar Berkah

KOTA KEMBANG, depokupdate.id – Sekolah Relawan melalui program Ramadhan dengan tema ‘Ramadhan Kejar Berkah’ siap berperan dalam aksi kebaikan Ramadhan. Salah satu program utama di Ramadhan tahun ini yaitu Ekspedisi Kejar Berkah.

Launching program ramadhan sekaligus pelepasan keberangkatan tim relawan Ekspedisi Kejar Berkah ini digelar di Alun-Alun Kota Depok, Jumat (17/03/2023).

Head of Volunteer Development Sekolah Relawan, Ahmad Maulana Syarif menyampaikan, launching program Ramadhan mengusung tema Kejar Berkah Ramadhan.

Bacaan Lainnya

“Aktivitas kita di ramadhan ini banyak. Untuk acara simbolis ini kita melepaskan para relawan yang akan ekspedisi keliling pulau Jawa. Aktivitas kerelawanan di Ramadhan ini tersebar di seluruh Indonesia,” kata Syarif, seusai melepas Tim Ekspedisi Kejar Berkah di Alun-Alun Kota Depok.

Syarif menjelaskan untuk program Ekspedisi Kejar Berkah, target perjalanan tim relawan akan singgah di 100 masjid/mushola. Perjalanan tim relawan akan ditempuh selama 30 hari di 30 titik lokasi dan 15 kota. Para relawan akan menyelusuri daerah marjinal dan pelosok Jawa Barat untuk aksi penyediaan fasilitas masjid/musholla yang membutuhkan atau tidak layak.

“Semangat kolaborasi antara relawan, masyarakat sekitar, komunitas, para dermawan, mendukung berjalannya program dengan target penyaluran bantuan 3.000 meter karpet, 1.000 lampu, keran air, dan tanzif musholla,” jelas Syarif.

Tidak hanya program Ekspedisi Kejar Berkah, Sekolah Relawan juga akan menjalankan program lainnya selama Ramadhan. Di antaranya program penyediaan pangan, yakni berbagi ifthar dan sahur sebagai program yang akan dilaksanakan setiap hari.

Kemudian, program yang khusus untuk pemenuhan kebutuhan sembako dan mukena ibadah untuk lansia dhuafa, serta akan ditutup dengan program membahagiakan anak yatim menjelang hari raya yakni Belanja Bareng Yatim Dhuafa.

“Untuk Ramadhan tahun ini Sekolah Relawan menargetkan total 106.000 penerima manfaat di 38 kota/kabupaten yang tersebar di seluruh Indonesia,” pungkas Syarif.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Kota Depok, Asloe’ah Madjri yang mewakili Wali Kota Depok menyampaikan apresiasinya atas lounching program Ramadhan Kejar Berkah yang dilakukan Sekokah Relawan.

“Selamat bekerja bagi relawan yang akan ekspedisi dan bertugas di Ramadhan ini. Semoga amanah masyarakat bisa dijalankan dengan penuh tanggung jawab,” ungkapnya.