Tahun 2024 Damkar Prioritaskan Tingkatkan Kerjasama dengan Tirta Asasta Terkait Penyiadaan Hydrant

CILODONG, depokupdate.id – Dinas Pemadam Kebarakan dab Penyelamatan kota Depok di tahun 2024 prioritaskan program meningkatkan kerja sama dengan PDAM Tirta Asasta dalam penyediaan Hydrant, sebagai sarana perluasan penyediaan air dalam penanggulangan kebakaran.

Hal itu terungkap pada Forum Rencana Kerja (Renja) Dinas Pemadam Kebarakan dab Penyelamatan kota Depok yang mengusung tema “Memantapkan Kehidupan Kota Depok yang Maju, Berbudaya dan Sejahtera melalui peningkatan pelayanan dasar” di Sasono Mulyo Cilodong, Kota Depok (21/02/2023).

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok, Raden Gandara Budiana mengungkapkan, Damkar dan Penyelamatan Kota Depok selalu hadir di masyarakat dalam menanggulangi bencana kebakaran dan evakuasi penyelamatan dan pertolongan lain.

Bacaan Lainnya

“Damkar selalu siap siaga, 12 menit kita bisa tiba di tempat kejadian” ucapnya

Gandara juga menyebutkan, tahun 2019 sebanyak 203 kejadian kebakaran di Kota Depok, baik itu kebakaran besar dan kecil. Pada 2020 kejadian kebakaran menurun karena terkait dengan covid 19 bahkan hampir setengahnya, sebanyak 123 kali kejadian. Namun evakuasi penyelamatan dan pertolongan kemanuasiaan meningkat.

Menurut Gandara, karena mudahnya menghubungi Damkar dan Penyelamatan, sehingga apapun kejadian di masyakarat, maka yang bukan tugas pokok kerja Damkar tetap kami lakukan.

“Kalau ular jelas kita tangani, tapi kejadian lainnya pasti kami yang dihubungi. Seperti terkait evakuasi hewan peliharaan dan lain-lain, jadi apa yang bisa kami lakukan untuk masyarakat, akan kami lakukan selama kami bisa,” tandasnya.

Ditempat yang sama, Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan Usman Haliyana memberikan apresiasi atas kesigapan Damkar kota Depok yang bisa dalam waktu 12 menit sampai di tempat kejadian. Selain itu, Damkar dan Penyelamatan Kota Depok bukan saja menangani masalah kebakaran tetapi juga masalah yang terkait dengan bencana, seperti halnya di saat pandemi lalu.

“Jadi damkar ini selalu eksis di setiap saat, tidak hanya dalam situasi yang genting atau darurat. Mengingat jumlah penduduk di Kota Depok ini yang terus bertambah, juga tentunya Damkar harus siap setiap saat,” pungkasnya. (DiM)