Sri Utomo Resmi Pensiun, Inilah Kenangan Terindah Baginya

Penulis: Adi Mahmudi

depokupdate.id, Depok – Masa purnabakti atau biasa dikenal dengan sebutan pensiun merupakan masa pengakhiran tugas yang bagi sebagian Pegawai ASN. Bekerja adalah bagian penting dalam kehidupan manusia. Semua orang di satu titik akan sampai pada masa pensiun. Bagi orang yang sudah mengabdi dengan setia, memasuki masa pensiun adalah saat yang perlu disyukuri.

Dia adalah Sri Utomo, tepatnya Pada tanggal 1 Mei 2023 resmi pensiun sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN), jabatan terakhirnya Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Aspemkesra) pada Sekretariat Daerah Kota Depok.

Dia pun didaulat sebagai pembina apel pagi yang diikuti oleh seluruh ASN, sekaligus menjadi momen perpisahan, ketika itu sambutan ASN luar biasa.

“Saya bersyukur kepada Allah SWT, saya berterima kasih kepada bapak Walikota yang memberikan kepercayaan kepada saya, dan juga berterima kasih kepada bapak Wakil Walikota, pak Sekda, dan bapak ibu perangkat daerah, yang telah bersama-sama membantu saya melaksanakan tugas dengan baik,” ujar Sri Utomo di lapangan Balaikota, Selasa (02/05/2023), di momen gelaran puncak Hari Jadi ke-24 Kota Depok.

Bacaan Lainnya

Sri Utomo yang biasa disapa pak Sri ini menceritakan, selama 38 tahun mengabdi sebagai abdi negara banyak, kenangan yang didapat, di usianya yang saat ini sudah 60 tahun ini diberikan perlindungan, kekuatan dan kesehatan.

Sri Utomo ketika bersama Walikota dan Sekda Kota Depok, di momen wawancara dengan Walikota Depok

Sebagai Aparatur Sipil Negata (ASN) di Kota Depok, Sri mengatakan tugas pertamanya dibagian Keuangan Setda Kota Depok, kemudian ditempatkan di Badan Perencanaan Pembangunan dan Penelitian Pengembangan Daerah (Bappeda). Terus diberikan amanah dan tugas sebagai kepala Dinas, di beberapa tempat.

“Alhamdulillah dengan dukungan dan support bapak ibu dan juga saudara saudaraku saya bisa selesai sampai purnabakti,” ungkapnya.

Seperti yang diungkapkan Sri Utomo, bahwa sebelum menjabat Pelaksana Harian (Plh) Walikota Depok periode 17 Februari – 26 Februari 2021. Dirinya juga di amanahkan sebagai PJ Sekda Kota Depok.

“Saya juga menyampaikan mohon maaf kepada pak Wali, pak Wakil dan pak Sekda, dan seluruh ASN yang telah bekerjasama dengan baik,” katanya.

“Tak ada gading yang tak retak, pasti saya banyak salah, terhadap bapak dan ibu sekalian, saya secara pribadi mohon dibukakan pintu maaf,” ungkapan harunya Sri Utomo.

Menurut Sri Utomo, jabatan merupakan amanat yang ditugaskan pimpinan kepala daerah. Ia pun sangat mengapresiasi terselenggaranya Gelaran puncak Hari Jadi ke-24 Kota Depok. Pada acara tersebut, imbuhnya, beragam suku berpadu untuk Depok yang lebih maju. Depok telah tumbuh menjadi kota yang sangat baik.

“Saya melihat teman-teman di Kota Depok seluruhnya, baik itu ASN maupun PNS-nya telah bekerja luar biasa dan persaudaraan yang dibuat bisa lebih kuat sehingga bisa membangun Kota Depok yang lebih maju dan lebih baik lagi,” ungkapnya.

“Artinya dalam keberagaman Kota Depok adalah kota majemuk, kota yang seluruh suku ada di Depok, maka sama-sama dengan kebersamaan membuat Kota Depok yang lebih maju,” tutur pria yang akrab disapa pak Sri ini.

Sri Utomo bersama Wakil Walikota Depok Imam Budi Hartono

Mantan Pj Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok juga mengemukakan permohonan maaf atas nama pribadi dan keluarga, atas salah dan khilaf, maupun kinerja yang kurang optimal selama ini.

“Kami hanya bisa berdoa agar Bapak Walikota, Wakil Walikota dan pak Sekda beserta semua jajaran ASN se-Kota Depok, semoga sukses selalu dalam lindungan Allah SWT, Aamin,” ungkapnya.

Sementara itu Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok H. Supian Suri mengucapkan selamat kepada pak Sri Utomo purnabakti yang telah melaksanakan tugas dengan baik, sebagai ladang pengabdian kepada negara, Pemerintah dan masyarakat.

“Sebelumnya kita selalu dibebani dengan pekerjaan dan pemikiran untuk melaksanakan tanggungjawab kita kepada negara, kepada pemerintah sebagai ASN. Karena tidak semua ASN dapat menikmati dan mencicipi masa-masa pensiunnya,” ujarnya.

“Semoga Allah SWT senantiasa melimpahkan pahala yang setimpal atas amal bakti sebagai ASN di Kota Depok yang selama ini dijalankan,” ujarnya.

“Selamat menjalankan masa purnabakti. Semoga senantiasa sehat dan bahagia lahir batin sehingga dapat terus berkarya yang lebih baik,” ujarnya.

Di samping itu, Sekda yang juga sebagai Ketua KORPRI, menyebut ASN purnabakti ini adalah orang-orang hebat dan luar biasa yang menyelesaikan masa tugasnya dengan husnul khotimah.

“Sebenarnya tugas kita belum selesai, ini hanya secara administrasi saja selesai. Hubungan silaturahmi kita harus tetap terjaga,” tutupnya. (Adi).