Sekda Kunjungi Gebyar Bazar UP2K, Harapannya Penghasilan Keluarga Bisa Meningkat

DEPOKUPDATE.ID, DEPOK – Dekranasda Kota Depok gelar Gebyar Bazar Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) yang diprakarsai Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kota Depok, di halaman Kantor Dekranasda, hal ini untuk bantu pulihkan perekonomian.

Pandemi Covid-19 berdampak ke segala sektor. Salah satunya sektor ekonomi yang begitu lesu. Dampak ini juga dirasakan secara signifikan oleh para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kota Depok.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok, Supian Suri, mengapresiasi penampilan produk Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K). Menurunnya daya beli masyarakat membuat banyak pelaku UMKM yang kehilangan pendapatan.

Bahkan banyak yang bangkrut dan menutup usaha. Ada 12 stan yang disediakan untuk menampilkan produk Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) dari masing-masing Kecamatan. 

Bacaan Lainnya

Untuk memulihkan kembali perekonomian Daerah akibat pandemi Covid-19.
“Melalui bazar UP2K ini, kami berharap tidak hanya dapat memulihkan perekonomian para pelaku usaha saja juga dapat memulihkan perekonomian di Kota Depok,” kata Supian usai mengunjungi Gebyar Bazar UP2K di Halaman Gedung Dekranasda, Balaikota Depok, Jumat (09/09/22). 

Menurut Supian, beragam produk lokal buatan UP2K ditampilkan, potensi-potensi kita banyak, bagus-bagus, enak-enak dan punya khasiat. Jadi, kalau bukan kita siapa lagi yang meramaikan menikmati ini semua.

“Produk cukup beragam, mulai dari makanan, minuman, kerajinan, pakaian, batik dan lainnya yang dikemas dengan menarik, untuk meningkatkan minat masyarakat terhadap produk lokal,” jelasnya.

Menurutnya, sesuai arahan Walikota Depok, Mohammad Idris, makanan ringan (snack) untuk berbagai acara Pemerintah Kota (Pemkot) Depok, diambil dari produk-produk yang dihasilkan oleh kader PKK Kota Depok. Hal tersebut demi mendukung produk lokal.
“Nanti kecamatan juga saya dorong untuk memanfaatkan produk-produk lokal,” jelasnya. 

Selain itu, kata Supian, penyelenggaraan Bazar UP2K merupakan salah satu bentuk keseriusan Pemkot Depok dalam mendukung dan mengenalkan produk lokal agar lebih dikenal. Serta sebagai ajang kreativitas bagi para pelaku UP2K PKK terbaik. 
“Ini menjadi salah satu sumber potensi ekonomi yang harus digeluti dan ditekuni. Mudah-mudahan dari sumber ini bisa mengangkat derajat perekonomian masyarakat Kota Depok,” tandasnya

Supian mengajak, seluruh masyarakat untuk lebih mencintai produk UP2K terutama karya kearifan lokal.
“Upaya seperti ini akan terus dilakukan karena masih banyak karya kita yang dapat kita tampilkan,” paparnya.

“Insya Allah ini dapat memberikan manfaat besar bagi banyak orang, terutama kepada para pelaku UMKM itu sendiri,” pungkas. (adi).