Sekda Kota Depok, Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat Kesejahteraan Masyarakat Lebih Meningkat

depokupdate.id, Depok – Peringatan HUT Kemerdekaan ke 77 RI, diharapkan menjadi momentum kebangkitan ekonomi masyarakat seluruh Indonesia, termasuk di Kota Depok. Bagi pelaku ekonomi seperti UMKM diharapkan terus bangkit kembali setelah pandemi covid-19 yang melanda di Indonesia bahkan di dunia.

Hal ini menurut Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok H. Supian Suri, sesuai tema peringatan HUT RI tahun ini, yakni “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat”.

Hari Kemerdekaan Indonesia ke-77 tahun ini, merefleksikan bagaimana nilai-nilai Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika mempersatukan dalam menghadapi tantangan yang ada. Dasar-dasar negara menuntun untuk bersama pulih lebih cepat, agar siap menghadapi tantangan global dan bangkit lebih kuat untuk siap membawa Indonesia maju.
“Dalam konteks Pemerintah Kota (Pemkot) Depok, Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat merupakan panggilan untuk melewati setiap fase tantangan dengan penuh optimisme,” kata Supian Suri, Rabu (17/8/2022), usai mengikuti upacara HUT RI ke-77 di halaman balaikota Depok.

Supian Suri mantan Kepala BKPSDM ini berharap, pelaku ekonomi bisa pulih dari keterpurukan lebih cepat. Demikian pula harus mampu bangkit lebih kuat setelah dilanda pandemi covid-19.
“Salah satunya dengan meningkatkan perekonomian di tengah masyarakat kita, pascapandemi dua tahun belakangan ini,“ ujarnya.

Bacaan Lainnya

Kemudian Supian mengatakan, dengan semangat proklamasi yang sudah digaungkan oleh para pejuang dapat kembali menyulut semangat masyarakat, khusunya di Kota Depok untuk tumbuh dan kembali menggerakkan perekonomian di Kota Depok.

Dengan mulai meredanya pandemi Covid 19, diharapkan ada kebangkitan bagi masyarakat yang dimulai dari lingkungan terkecil, yakni keluarga, lalu berlanjut pada pekerjaan, organisasi dan Pemerintahan.

Apalagi bertepatan dengan momentum peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 77 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) tahun 2022 ini.
“Sejalan dengan momentum peringatan HUT ke 77 Kemerdekaan RI, kita semua harus kembali membangkitkan semangat nasionalisme dalam mengisi kemerdekaan dengan hal-hal yang bermanfaat dari lingkungan keluarga,” kata Supian Suri.

Supian menuturkan, membangkitkan semangat belajar kepada anak-anak dan seorang ibu/istri mendorong sekaligus menyiapkan keperluan sang suami untuk bekerja agar lebih giat lagi, sehingga hasil pekerjaannya memberikan dampak yang lebih baik terhadap Daerah dan Bangsa.

“Begitu juga dari keorganisasian yang saat ini sudah mulai berkumpul untuk melahirkan ide baru yang kreatif dalam mengisi pembangunan,” ujarnya.

Naiknya grafik kemiskinan selama masa pandemi menurutnya, juga harus segera diatasi dengan menggelorakan berbagai sektor unggulan yang dimiliki oleh Kota Depok, baik di sektor pertanian, perdagangan dan jasa, ataupun sektor mengembangkan UMKM lainnya dengan memberikan pemicu yang cukup.
“Kita semua terdampak, salah satunya adanya warga yang terkena PHK ataupun kehilangan mata pencahariannya, ini harus kita sikapi, seperti yang saat ini Pemerintah punya program 5000 Pengusaha baru dan 1000 pengusaha perempuan, harus kita kembangkan lebih cepat lebih baik,” jelasnya.

Untuk itu, Supian Suri mengajak, agar momentum hari kemerdekaan serta semangat proklamasi untuk bersama-sama membangun dan menggerakan kembali roda perekonomian Daerah, khusunya di Kota Depok.
“Terutama kepada masyarakat yang bergerak di bidang UMKM, untuk terus melakukan inovasi terhadap produknya, agar semakin di kenal oleh masyarakat,“ ucap Supian.

Selain itu, Dirinya juga menegaskan bahwa Pemerintah akan terus mendorong segala program yang muaranya untuk mensejahterakan masyarakat, hal ini akan menjadi memicu pertumbuhan ekonomi.
“Kami akan terus mendorong program-program yang diluncurkan Walikota dan Wakil Walikota Depok. Selain itu, dengan kebijakan anggaran, akan terus mendorong agar kesejahteraan masyarakat dapat meningkat,” tuturnya. (Adi).