Sekda Kota Depok, 14 Agustus Hari Pramuka, Mengabdi Tanpa Batas Bangun Ketangguhan Bangsa

depokupdate.id, Depok – Hari Pramuka di Indonesia diperingati setiap tahun pada tanggal 14 Agustus.
Peringatan Hari Pramuka yang ke-61 tahun pada 2022 ini, mengangkat tema “Mengabdi Tanpa Batas untuk Membangun Ketangguhan Bangsa”.

Hari ini 14 Agustus 2022 bertepatan dengan peringatan Hari Pramuka ke 61. Wali Kota Depok H. Muhammad Idris, dan Wakil Wali Kota Depok, H. Imam Budi Hartono serta Sekda Kota Depok H. Supian Suri turut memberikan ucapan selamat Hari Pramuka ke 61.
“Selamat Hari Pramuka ke 61, Mengabdi Tanpa Batas untuk Membangun Ketangguhan Bangsa,” kata Sekda Kota Depok Supian Suri, Minggu (14/8/2022).

Di Kota Depok, anggota pramuka kerap terlibat langsung dalam berbagai kegiatan, dari penanganan bencana alam maupun non alam.

Bacaan Lainnya

Seperti penanganan Covid-19 dengan ikut mensosialisasikan penerapan prokes dan banyak kegiatan sosial lainnya.
“Kami berharap Pramuka dapat terus berbuat untuk membantu masyarakat,” ujarnya.

Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Depok yang saat ini sebagai Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Bu Nina Suzana, menurut Supian gerakan kepanduan ini selalu membawa manfaat.
“Jaya selalu Pramuka, terus tebarkan manfaat,” ucap Supian.
Supian Suri mengatakan bahwa, gerakan pramuka sebagai penyelenggara pendidikan kepanduan merupakan bagian daripada pendidikan nasional dengan tujuan mengembangkan manusia Indonesia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berbudi pekerti luhur.
Memiliki pengetahuan dan keterampilan, sehat jasmani dan rohani, dan menjadi warga negara Indonesia yang demokratis dan bertanggungjawab.

Menurutnya pendidikan kepramukaan menempa peserta didiknya atau anggotanya sesuai dengan tri satya pramuka, yaitu bersungguh-sungguh menjalankan kewajiban terhadap Tuhan, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan mengamalkan Pancasila, menolong sesama hidup dan mempersiapkan diri membangun masyarakat serta menepati dasadharma sebagai komitmen yang harus selalu dipegang teguh oleh setiap anggota pramuka.

“Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, cinta alam dan kasih sayang sesama manusia, patriot yang sopan dan ksatria. Patuh dan suka bermusyawarah, rela menolong dan tabah, rajin, terampil dan gembira. Hemat, cermat dan bersahaja, disiplin, berani dan setia bertanggung jawab dan dapat dipercaya serta suci dalam pikiran, perkataan dan perbuatan,” paparnya.

Kini, Gerakan Pramuka menjadi satu-satunya organisasi yang ditugaskan menyelenggarakan pendidikan kepanduan bagi anak-anak dan pemuda Indonesia.
Gerakan kepanduan Indonesia itu menjadi salah satu kegiatan di lembaga pendidikan mulai dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Kegiatan-kegiatannya melatih kreativitas dan kedisiplinan.

“Pramuka memiliki kepribadian yang Beriman Bertakwa Berakhlak mulia Berjiwa patriotik Taat hukum Disiplin Menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa Memiliki kecakapan hidup sebagai kader bangsa dalam menjaga dan membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia, mengamalkan Pancasila, serta melestarikan lingkungan hidup,” tutup Supian. (Adi).