Satu Tahun B2W Bersama DBR Kota Depok Hari Ini Gelar Bersepeda Jelajahi Perbatasan Depok

DEPOKUPDATE.ID, DEPOK – Peringati Satu Tahun Komunitas Bike to Work (B2W), bersama Depok Borders Ride (DBR) menggelar kegiatan sepeda bersama Kelilingi perbatasan Kota Depok yang pertama kali, yang berlangsung, Minggu (29/01/2023). Acara pagi itu dilepas langsung Asisten Perekonomian Setda Kota Depok Sidik Mulyono, yang di dampingi Ketua B2W Nanda dan jajaran DBR Kota Depok. Kehadiran Walikota Depok menambah semangat panitia, nantinya akan memberikan medali para juara akan di berikan langsung Walikota Depok KH. Muhammad Idris.

Aksi itu merupakan kolaborasi antara Bike To Work (B2W) Indonesia Kota Depok dengan komunitas bersepeda DBR, ini dimulai start dari Balaikota Kota Depok, menuju arah margonda dan finish kembali ke balaikota Depok. Jarak tempuh dari Balaikota Depok kurang lebih 90 km, mengelilingi wilayah perbatasan Kota Depok di 11 Kecamatan.

Aksi bertujuan untuk mendorong penggunaan sepeda sebagai solusi transportasi di Kota Depok. Ratusan peserta mengikuti kegiatan tersebut dari berbagai wilayah di Indonesia seperti dari Jogja, Jabodetabek dan dari Jawa Timur.

Walikota Depok KH. Muhammad Idris, berfoto bersama Ketua B2W Depok Nanda Putra Azhar dan jajaran panitia DBR

Ketua Bike To Work, Nanda Putra Azhar mengatakan, peserta kegiatan bersepada ini lebih dari 500 orang yang merupakan anggota komunitas bersepeda dan masyarakat pecinta sepeda seluruh Indonesia. Untuk aktivitasnya sehari hari maupun bersepeda untuk olah raga.
“Tujuan dari kegiatan ini mengajak dan mendorong partisipasi semua pihak dalam upaya menjaga kelestarian lingkungan dan memasyarakatkan penggunaan sepeda sebagai alat transportasi dalam kegiatan sehari-hari yang ramah lingkungan,” ujar Nanda kepada media ini, Minggu (29/01/2023) di Balaikota Depok.

Bacaan Lainnya

Nanda mengatakan, sejalan dengan satu tahun B2W ikut mengenalkan lingkungan wilayah perbatasan Kota Depok. diharapkan tumbuhnya kedasaran masyarakat agar lebih mengetahui Kota Depok, dan lingkungan serta peserta juga akan lebih mengenal keberagaman masyarakat Kota Depok.
“Salah satu caranya adalah menjaga udara agar lebih bersih. Bersepeda sebagai alat transportasi merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan kita semua, untuk hidup sehat di lingkungan yang sehat,” katanya.

Nanda menuturkan, beberapa rangkaian kegiatan dalam rangka Satu Tahun Bike to Work. sudah dilakukan, seperti saat bersepeda Kelilingi perbatasan Kota Depok, program selanjutnya akan kita gelar Srikandi Gowes.
“Hari ini membudayakan bersepda dengan Komunitas Bike to Work, itu adalah gerakan sosial dan gerakan masyarakat sehingga efeknya bisa cepat dirasakan oleh semua,” papar Nanda.

Nanda mengaku merasa senang dengan tren ini. Seperti ia juga senang bersepeda. “Bersepeda itu menyenangkan, membuat sehat, banyak teman juga,” terangnya.

Rute jelajah depok, dan medali yang akan di berikan kepada pemenang

Aktivitas bersepeda memang menjadi olahraga yang mudah dilakukan. Namun saat ini tren bersepeda bisa juga menjadi gaya hidup dengan banyaknya model sepeda yang harganya bervariasi. Dari jutaan, puluhan, hingga seratus juta lebih.

Untuk itu, menggiatkan tren penggunaan sepeda dalam keseharian harus lebih signifikan sehingga sepeda tidak hanya digunakan di sekitar rumah saja, tetapi juga untuk alat transportasi menuju ke tempat kerja.
“Jalur sepeda seharusnya bisa mendapatkan proteksi maksimal dari Pemerintah Daerah, tapi ini juga saya bersyukur Penerintah Kota Depok sudah peduli sama komunitas sepeda,” tutupnya. (adi).