Renja Dishub Depok, Pastikan Layanan Transportasi Buy The Service Akan Beroprasi

Penulis: adi apeng
Editor: adi

depokupdate.id, Cilodong – Dinas Perhubungan Kota Depok mengadakan Kegiatan Forum Rencana Kegiatan Tahun 2025 yang diadakan di Wisma Sasono Mulyo, pada Senin 26 Februari 2024. Kegiatan ini diadakan untuk memaparkan rencana dan agenda kegiatan yang akan dilakukan oleh Dishub Kota Depok. Acara ini dibuka langsung Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Muhammad Fitriawan, turut hadir Kasatlantas Polres Metro Depok, Multazam Lisendra, Kepala Bappeda Kota Depok, Dadang Wihana, para perwakilan BPTJ.

Dalam Kesempatan tersebut Kepala Dinas Perhubungan Kota Depok, Zamrowi mengatakan bahwa salah satu agenda yang akan dilakukan adalah penerapan sistem tranportasi yang berbasis Buy The Service (BTS).

“Salah satu agenda yang akan segera kita lakukan adalah penerapan sistem transportasi yang berbasis Buy The Service (BTS).” ujar Zamrowi.

Bacaan Lainnya

Zamrowi, mengungkapkan skema tersebut dibuat untuk menjawab tingginya kebutuhan akan transportasi publik di perkotaan sesuai dengan standar pelayanan minimum yang ditetapkan oleh peraturan kementerian perhubungan nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan.
“Kehadiran BTS menjadi sebuah solusi layanan transportasi bagi masyarakat perkotaan sehingga masyarakat dapat beralih menggunakan ada beberapa permasalahan angkutan umum dan meninggalkan kendaraan pribadi,” ungkapnya.

Selain itu Zamrowi, juga akan merevitalisasi angkutan umum serta melakukan peremajaan kendaraan dan juga akan merubah rute trayek (rerouting) angkutan umum
“Kami akan mengintegrasikan rute angkutan kota sehingga masyarakat akan terlayani dengan maksimal, karena ada beberapa kebutuhan diantaranya dibukanya stasiun pondok Rajeg dan MRT Harjamukti” tambahnya

Pada kesempatan yang sama kepala Bappeda, Dadang Wihana sangat mengapresiasi kinerja Dishub Depok karena bisa merealisasikan BTS pada tahun ini.
“Saya mengapresiasi kinerja di bawah kepemimpinan Bapak Zamrowi, karena bisa mewujudkan BTS di kota Depok, padahal untuk mewujudkan BTS tidak mudah” Ungkapnya

Selain itu ketua organda kota Depok, M. Hasyim sangat mendukung program peluncuran BTS ini, dan sebagai mitra dari dinas perhubungan organda mengharapkan BTS ini bisa melayani beberapa koridor bukan hanya satu koridor saja.

“Pada prinsipnya organda kota Depok mendukung rencana kerja dishub tentang rencana kerja peningkatan pelayanan untuk repitalisasi angkutan dan sesuai arah kebijakan dinas perhubungan kota depok. Sehingga Depok maju, berbudaya dan sejahtera” ungkapnya 

“Saya berharap para Stakeholder angkutan kota baik pengusaha maupun operator untuk dapat merubah angkot yang konvensional menjadi angkot yang modern diantaranya angkot ber AC dan pembayarannya menggunakan non tunai,” tutupnya. (**).