Rapat Pleno Terbuka DPHP, 9.686 Pemilih Aktif Pondok Cina Pemilih Baru Meningkat

DEPOKUPDATE.ID, PONDOK CINA – Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi daftar pemilih hasil pemuktahiran (DPHP) Pemilihan Umum tahun 2024 di Tingkat PPS Kelurahan Pondok Cina, Kecamatan Beji dilaksanakan pada hari Jumat (31/03/2024) bertempat di aula Kantor Kelurahan.

Dimulai dari pukul 01.00 sampai dengan selesai, acara di buka langsung Lurah Pondok Cina Denny Ferdian, yang dihadiri semua petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih), pengawas Kelurahan, Lurah, dan saksi pengurus parpol, PPS, Panwaslu Kelurahan dan Panwaslu Kecamatan, Lurah Pondok Cina Denny dan Ketua LPM Pondok Cina H. Munir, serta Babinsa.

Setelah proses Rekapitulasi selesai PPS membuat berita acara dan sertifikat rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara. Kemudian diserahkan kepada saksi peserta pemilu, Panwaslu Kecamatan.
“Pleno telah dilaksanakan dari tingkat PPS, hari ini selanjutnya tahapan daftar pemilih tidak berhenti sampai disini saja, masih ada tanggapan masyarakat, berharap agar daftar pemilih benar-benar sudah selesai, diakhiri dengan lancar. Diharapkan bahwa persiapan pemilu berjalan dengan aman dan lancar,” kata Ketua PPS Kelurahan Pondok Cina Iwan.

Disampaikan olehnya, rapat pleno terbuka penetapan TPS Pemilu 2024 dilakukan setelah proses tahapan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) yang dilakukan sekitar 9.686 pemilih aktif Pemilu 2024 selesai.

Bacaan Lainnya

Ia mengatakan, penyusunan DPHP mengacu pada Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 7 tahun 2022. Disebutkan antara lain dengan cara PPS menyusun daftar nama pemilih hasil pemutakhiran data berdasarkan Coklit Pantarlih.

Dalam daftar pemilih hasil pemutakhiran disusun menurut susunan pemilih. Pertama, mulai dari pemilih baru, pemilih potensial atau Daftar Pemilih Tambahan (DPT), pemilih tidak memenuhi syarat, serta perbaikan data pemilih.

“Daftar nama pemilih Pemilu 2024 hasil pemutahiran data disusun secara TPS dengan memakai formulir model A-daftar perubahan pemilih. Ketentuan form ini terdapat pada lampiran XI PKPU Nomor 7 Tahun 2022,” ungkap Iwan.

Setelah penetapan DPS itu, PPS akan menyampaikan daftar nama pemilih hasil pemutakhiran data dalam wujud salinan digital ke KPU Kota Depok melalui PPK.

Lurah Pondok Cina, Denny Ferdian, memastikan rapat pleno terbuka rekapitulasi penetapan DPHP untuk Pemilu 2024 digelar oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS) Kelurahan Pondok Cina.
“Alhamdulillah DPHP sudah selesai, saya ucapkan terima kasih atas kinerja semua pihak yang telah melaksanakan tahapan pemilu hingga sekarang. Meskipun dalam pendaftaran dan pengumpulan data terdapat kendala, namun dengan semangat dari rekan-rekan semua bisa teratasi,” ucap Lurah.

Denny juga berharap penetapan Rekapitulasi daftar pemilih hasil pemuktahiran (DPHP) terlaksana dengan baik dan memastikan sinergitas antara PPS dan panwaslu selalu terjaga.

Denny juga ucapkan terima kasih pada masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam penyusunan daftar pemilih, sehingga data pemilih sesuai realitas di masyarakat, yakni yang tidak memenuhi syarat sudah tidak ada di daftar, sedangkan yang memenuhi syarat masuk di daftar

Sementara itu Ketua LPM Pondok Cina H. Munir menyampaikan bahwa Pleno Pemutakhiran data pemilih dilakukan berjalan dengan baik dan lancar.
“Kami apresiasi atas kerja kerasnya, tentunya kerjasama ini diharapkan akan berlanjut sampai pemilu 2024, tidak masalah yang terjadi kita tidak harapkan itu terjadi di Kelurahan Pondok Cina,” harap H. Munir. (Adi).