Rame Daaah, Lebaran Depok 2024 Digelar di Kecamatan Cilodong Ada Festival Budaya Hari Ini Ngubek Empang

Penulis: adi apeng
Editor: adi

depokupdate.id, Depok — Pemerintah Kota (Pemkot) Depok bersama Kumpulan Orang-orang Depok (KOOD) kembali akan menggelar perhelatan akbar tahunan yakni Lebaran Depok. Tahun ini, Lebaran Depok digelar di Kecamatan Cilodong.

Ketua Pelaksana Lebaran Depok 2024, Dede Hidayat menjelaskan, Lebaran Depok tahun ini berpusat di Alun-alun Kota Depok dan sekitar Kecamatan Cilodong.

Kali ini cukup berbeda dari biasanya, dimana Lebaran Depok sejak awal dihelat di wilayah barat Kota Depok, tepatnya Sawangan dan Bojongsari.

Bacaan Lainnya

“InsyaAllah Lebaran Depok tahun ini akan digelar di Kecamatan Cilodong, mulai 17-19 Mei 2024,” ujar H. Dede, Rabu (15/05/2024).

Dede mengungkapkan, ada banyak kegiatan menarik dan kental dengan budaya asli Kota Depok tempo dulu setiap harinya.
Lebaran Depok tahun ini mengangkat tema ‘Mewarisi Budaya Orang Depok Kepada Generasi Milenial’.

“Budaya Depok yang selama ini mungkin ‘bocah’ milenial belum kenal atau lupa, sekarang kita ingin mengingatkan kembali bahwa dulu kami ini orang-orang orang tua dulu itu sangat kental dengan budaya lokal (Betawi-Depok),” ungkapnya.

Adapun rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan selama acara Lebaran Depok antara lain, Ngubek Empang, Motong Kebo Andil, Fashion Show Tahun 1970-an, Festival Budaya, Rantangan, Pasar Pengabisan, dan Nganam Ketupat.

Kemudian ada juga Lomba Pukul Bedug, Lomba Rebut Dandang, Parade Mawalan, penampilan seni tari, dan ditutup dengan Band Utopia.

Sementara itu Sekretaris Umum Kumpulan Orang Orang Depok disingkat KOOD, Nina Suzana mengatakan, salah satu rangkaian kegiatan dari Lebaran Depok 2024 yaitu Ngubeg Empang akan berlangsung besok.

Sebanyak lima kwintal ikan mas akan disebar di empang yang berlokasi di Jalan Abdul Ghani Raya, Kelurahan Kalibaru, Kecamatan Cilodong.
“Ngubek Empang bakal kita sebar sekitar 5 kwintal ikan, ayo ramaikan acara besok,” kata Nina.

Tradisi Ngubek Empang menjadi kebiasaan bagi orang tua zaman dahulu di Kota Depok sebelum merayakan Lebaran.

Acara yang digelar besok, mulai pukul 08.00 WIB ini dilombakan. Unsur Perangkat Daerah Aparatur Sipil Negara (ASN), Kecamatan, serta elemen masyarakat akan meramaikannya.
“Masing-masing perangkat daerah mengirimkan tiga orang pesertanya bergabung jadi satu grup, dilombakan hadiahnya uang tunai,” pungkasnya. (**).