Raker Inkai Jawa Barat Gelar di Kota Depok, Perkuat Soliditas dan Sinergi Tingkatkan Prestasi

Penulis: adi apeng
Editor: adi

depokupdate.id, Depok – Mengawali program kerja tahun 2024, Institut Karate Do-Indonesia (Inkai) Pengurus Provinsi (Pengprov) Jawa Barat menggelar Rapat Kerja (Raker) untuk menentukan program kerja selama 1 tahun ke depan, berlangsung di Aula Kantor Perpustakaan dan Arsip Kota Depok, Sabtu (16/03/2024).

Raker diikuti oleh pengurus Inkai Jawa Barat dan para ketua dan pengurus Pengcab Inkai se-Jawa Barat. Di dalam raker tersebut, masing-masing bidang Inkai Jawa Barat yang meliputi Organisasi, Pembinaan Prestasi, Umum serta Kemitraan dan Pengembangan mempresentasikan program dan target-target yang akan dicapai selama 1 tahun ke depan.

Terkait hal itu, Ketua Inkai Jawa Barat Kolonel Laut Ferry Mulyadi Arifin. S.A.P., MK.P.,M.Han, mengatakan pentingnya bidang Kemitraan dan Pengembangan yang dapat menopang kemajuan organisasi di lingkungan Inkai Jawa Barat.

Bacaan Lainnya

“Bidang Kemitraan dan Pengembangan ini menarik karena dapat menggali potensi yang ada di lingkungan INKAI dengan SDM-nya yang sangat besar. Adanya supporting dari bidang Kemitraan dan Pengembangan bisa menjadi salah satu kunci sukses untuk meningkatkan prestasi,” tutur Ferry, usai menutup Raker.

Ferry menuturkan, perlunya terus dilakukan konsolidasi organisasi untuk menata organisasi karate lebih baik, solid dan profesional dalam pelatihan prestasi yang terencana secara detail baik program latihan, tempat latihan, jadwal kompetisi yang berjenjang, sertifikasi kompetensi wasit serta penyelenggaraan administrasi penyelenggaraan.
“Untuk bisa meraih juara, semuanya harus ditatakelola dengan baik dan terukur,” ujar perwira menengah Angkatan Laut ini.

Dalam rangka memberi motivasi kepada para pengurus daerah dan cabang, Ketua Inkai Jawa Barat juga memberikan apresiasi atas kerja keras dan kerjasama selama ini yang sudah dibangun secara sinergis antara Daerah, Cabang hingga mengomel (dojo). 

“Prestasi karateka Inkai secara nasional dikatakan masih yang terbaik diukur dari jumlah raihan prestasi, baik pada kejuaran daerah, kejurnas termasuk kejuaraan tingkat regional,“ ungkap Ferry.

Sementara itu Ketua Inkai Kota Depok, Eko Herwiyanto mengaku bangga Kota Depok menjadi tuan rumah Raker Inkai Jawa Barat.
“Kami mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya, atas kepercayaan Kota Depok jadi tempat Raker,” kata Eko.

Inkai Depok menurut Eko, menjadi juara umum setelah berhasil mempersembahkan 31 medali emas, 18 medali perak dan 27 medali perunggu pada Kejurprov.

Eko mengaku peran serta orang tua menjadi faktor utama suksesnya para karate-do meraih prestasi.
“Kami bangga luar biasa atas prestasi yang telah ditorehkan. Seperti kita tahu, mempertahankan itu jauh lebih berat dari pada merebut gelar.

Ucapan terimakasih Eko juga disematkan kepada para pelatih atlet karate-do Kota Depok yang mempunyai peran yang sangat vital dalam menjadikan atlet berprestasi.
“Ini adalah awal dari prestasi yang lebih tinggi. Didepannya, akan ada tantangan dan ujian yang jauh lebih berat bagi para atlet. Tapi saya optimis, ditangan pelatih saat ini prestasi selanjutnya akan dapat diraih,” paparnya.

Eko juga berharap hasil tersebut tidak membuat serta merta para atlet menjadi jumawa. Dari itu, ia meminta agar para pelatih segera menyusun kembali jadwal latihan para atlet untuk merebut prestasi pada tingkat yang lebih tinggi yaitu Kejurnas.
“Ini Selaras dengan Visi dan Misi INKAI Kota Depok, yaitu Menciptakan Karateka Yang Berbudi Luhur, Berakhlak Mulia dan Berprestasi. Target selanjutnya yaitu Kejurnas,” pungkasnya. (**).