Raih Akreditasi Paripurna Jadi Kado Istimewa di Puncak HUT Kesatu RSUD ASA Depok

Penulis: Adi Apeng
Editor: Adi

depokupdate.id, Tapos – Walikota Depok, KH Muhammad Idris, bersama Wakil Walikota Depok Imam Budi Hartono dan Ketua DPRD Kota Depok T.M. Yusufsyah Putra menghadiri acara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Rumah Sakit Umum Daerah Anugerah Sehat Afiat (RSUD ASA) ke-1 di Aula Gedung RSUD ASA, Kecamatan Tapos, Kota Depok, Rabu (15/11/2023).

Pada kesempatan tersebut, Walikota Depok mengapresiasi capaian RSUD ASA yang telah meraih Akreditasi Paripurna di tahun pertamanya. Selain itu Walikota Depok juga mengupayakan penambahan dan peningkatan fasilitas yang ada di RSUD ASA

KIai Idris, sapaan Walikota Depok, Muhammad Idris mengungkapkan, di usia satu tahun, RSUD ASA Kota Depok sudah sangat baik, khususnya dalam pencapaian akreditasi tingkat paripurna bintang lima dari Lembaga Akreditasi Rumah Sakit Damar Husada Paripurna.

“Karena satu tahun itu sebenarnya dari sisi kesiapan registrasi untuk akreditasi itu dua tahun minimal, tetapi ini belum satu tahun kita sudah akreditasi dan sekarang sudah keluar sertifikatnya, hasilnya paripurna,” katanya, di RSUD ASA Kota Depok di Jalan Raya Tapos, Cimpaeun, Tapos, Rabu (15/11/2023).

Bacaan Lainnya

Meski begitu, Idris mengajak seluruh manajemen RSUD ASA untuk terus meningkatkan pelayanan yang prima kepada masyarakat.

“Cuma nanti seperti dokter spesialis yang masih kurang, kemudian walaupun sudah BLUD (Badan Layanan Umum Daerah), tetapi masih banyak nombok atau masih subsidi APBD, semua ini yang harus kita tingkatkan,” ucapnya.

“Karena enggak ada recruiting PNS, ini masalahnya, kita harus mengambil dari luar, dokter spesialis anak ada, tetapi masih kurang, spesialis penyakit dalam baru satu,” ungkapnya.

“Nanti ada spesialis-spesialis lain yang akan kita hire,” imbuh Kiai Idris.

Ke depan, selain penambahan dokter spesialis yang memang dibutuhkan di RSUD ASA, dirinya juga ingin adanya peningkatan pelayanan rujukan.

“Misalnya jantung, nah itu nanti kita rujuk ke Sawangan (RSUD Khidmat Sehat Afiat atau KiSA Depok), kalau di sini (RSUD ASA Depok) sudah ada, kan enggak perlu (pasien dirujuk), termasuk alat kesehatannya,” jelasnya.

Pada momen HUT ke-1 RSUD ASA Depok, Kiai Idris juga meresmikan Poli Klinik Luka RSUD ASA Depok yang ditandai dengan pengguntingan pita.

“Unit-unit ini perlu, kita tidak perlu menunggu yang lainnya berkembang, seperti unit luka ini,” ujarnya.

“Misal nanti ada unit-unit atau poli klinik yang lain yang memang sesuai dengan kebutuhan warga setempat, ke depannya akan seperti itu,” ungkap dia.

Sementara itu, Direktur RSUD ASA Depok, Enny Ekasari menambahkan, sebelum acara puncak HUT ke-1 RSUD ASA, pihaknya sudah menyelenggarakan berbagai kegiatan. Dimulai dari senam bersama antara civitas RSUD ASA dengan warga sekitar, donor darah hingga lomba-lomba bagi para pegawai RSUD ASA.

Peringatan HUT ke-1 RSUD ASA Depok, lanjut Enny akan dijadikan momen peningkatan layanan yang paripurna bagi masyarakat yang membutuhkan, sehingga dapat mewujudkan Kota Depok yang sehat. Salah satunya, dengan membuka layanan klinik perawatan luka skala modern.

“Hadirnya klinik ini sebagai bentuk keseriusan dalam meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan bagi masyarakat,” jelasnya.

“Di usia yang masih belia ini, kami masih membutuhkan support dan dukungan semua pihak demi meningkatkan kualitas dan kuantitas layanan,” tandas Enny. (**).