Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat, Walikota Beberkan Prestasi Pemkot Depok

depokupdate.id, Depok – Peringatan HUT Kemerdekaan ke-77 RI, diharapkan menjadi momentum kebangkitan masyarakat seluruh Indonesia, terus bangkit kembali setelah pandemi covid-19 yang melanda Indonesia.

Walikota Depok di dampingi Wakil Walikota Imam Budi Hartono dan Sekda Kota Depok H. Supian Suri menyampaikan ucapan Selamat Hari Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) yang jatuh pada hari ini, Rabu (17/08/2022).

Walikota menyebut, Hari Kemerdekaan Indonesia ke-77 tahun ini, merefleksikan bagaimana nilai-nilai Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika mempersatukan dalam menghadapi tantangan yang ada. Dasar-dasar negara menuntun untuk bersama pulih lebih cepat, agar siap menghadapi tantangan global dan bangkit lebih kuat untuk siap membawa Indonesia maju.
“Dalam konteks Pemerintah Kota (Pemkot) Depok, Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat merupakan panggilan untuk melewati setiap fase tantangan dengan penuh optimisme,” kata Muhammad Idris usai menjadi inspektur upacara HUT ke-77 RI di Lapangan Balaikota Depok, Rabu (17/08/22).

Jika merefleksi kesadaran diri dan kesadaran sosial, lanjutnya, menjadi cambuk bagi Pemerintah Daerah untuk dapat menghadapi tantangan dengan mengoptimalkan semua sistem penggerak Pemerintahan. Semua itu agar tetap dapat menggali setiap potensi daerah guna menumbuhkan keberlanjutan pembangunan.
“Tema Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat juga ingin menguatkan bangsa kita serta memotivasi kita semua untuk segera pulih dari keterpurukan. Baik dari sisi ekonomi juga sisi kesehatan. Dua tahun dalam pandemi, bukan sesuatu yang mudah,” terangnya.

Bacaan Lainnya

Tantangan ini menurut Idris, menguras begitu banyak energi selama kurang lebih dua tahun ini, tidak menyurutkan optimisme dan motivasi Pemerintah Daerah, untuk mengerahkan segenap sumber daya guna memenuhi target dan tujuan dalam mensejahterakan masyarakat.

Sehingga, jika di awal pandemi berada pada zona ketakutan, kemudian masuk zona belajar, saat ini masyarakat memasuki zona tumbuh.
“Fase untuk mengevaluasi beragam dinamika yang terlewati, sekaligus merancang dan melanjutkan berbagai program prioritas pembangunan daerah,” ungkapnya.

“Dengan semangat 77 tahun kemerdekaan ini, mari kita terus bekerja bersama, sama-sama bekerja, bekerja lebih produktif dan inovatif untuk meraih prestasi yang lebih gemilang. Semoga Allah SWT selalu memberikan kita petunjuk dan ridho-Nya di setiap langkah kita, aamiin,” tuturnya. 

Kemudian Walikota, membeberkan sejumlah prestasi dan penghargaan yang diraih Kota Depok selama tahun 2022. Informasi ini disampaikannya di sela upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia (RI) di Lapangan Balai Kota Depok.
“Alhamdulillah, pada tahun 2022 ini, berkat kontribusi secara sinergi dengan berbagai unsur, Kota Depok mampu menorehkan sejumlah penghargaan yang patut disyukuri dan dibanggakan,” ujarnya, Rabu (17/08/22).

Pertama, kata Idris, penghargaan Kota Layak Anak (KLA) Tahun 2022 dengan Peringkat Nindya dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia pada 23 Juli 2022.

Kedua, penghargaan Dafa Award 2022 kategori Partisipasi Anak dalam Perencanaan Pembangunan (PAPP) Terbaik yang diadakan oleh Forum Anak Nasional pada 22 Juli 2022.
“Ketiga, penghargaan Nirwasita Tantra yang diberikan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, atas kepemimpinan dalam merumuskan dan menerapkan kebijakan dan/atau program kerja sesuai dengan prinsip metodologi pembangunan berkelanjutan guna memperbaiki kualitas lingkungan hidup di daerahnya. Penghargaan diberikan pada tanggal 20 Juli 2022,” paparnya.

Keempat, Teladan Satu Apresiasi Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) tingkat nasional yang diraih Bunda PAUD Kelurahan Tanah Baru Kota Depok Frina Shaurin. Penghargaan diberikan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI pada tanggal 11 Juli 2022. 

Kelima, terkait Laporan Keuangan Pemerintah Kota Depok Tahun Anggaran 2021, Kota Depok kembali mendapatkan predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Provinsi Jawa Barat.
“Prestasi WTP ini merupakan yang kesebelas kalinya diperoleh Kota Depok secara berturut- turut, sejak tahun 2012. Keseluruh prestasi ini sangatlah membanggakan dan menjadi pemacu serta pemicu kami untuk lebih meningkatkan pelayanan ke masyarakat,” tutupnya.

Penghargaan HUT RI 17 Agustus HUT Kemerdekaan. Sekda Depok Resmikan Rumah Air Asasta Plus. 28 Putra Putri Terbaik Terpilih sebagai Paskibraka Tingkat Kota Depok, Berikut Nama dan Asal Sekolah Mereka. PMI Depok Kerahkan Relawan, Siaga Upacara HUT ke-77 RI.

Ini Strategi dan Arah Kebijakan Pembangunan Ekonomi Pemkot Depok. Dengan maknai HUT ke-77 RI, Panggilan untuk Lewati Fase Tantangan dengan Penuh Optimisme. Ketua TP-PKK Depok Ajak Orang Tua dan Ibu Periksa Kesehatan Rutin. (Adi).