Pra Musrenbang Kelurahan Panmas, Mantapkan Kehidupan Pelayanan Dasar Untuk Maju, Berbudaya dan Sejahtera

DEPOKUPDATE.ID, PANCORANMAS – Kelurahan Pancoran Mas Kecamatan Pancoran mas Kota Depok menggelar Pra Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) dalam rangka Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2024 di Halaman Kediaman Ketua RW 19 H. Syamsuri di jalan pos teratai kp. Pitara RT 05 RW 19 Kelurahan Pancoranmas, Minggu, (08/01/2023).

Hadir dalam kegiatan ini di buka langsung Lurah Panmas Moh Soleh, dihadiri Ketua LPM, para Kasi, para Ketua RW, katar tp. PKK, Bhabinkamtibmas, Babinsa Kelurahan Pancoranmas dan stekholder lainnya.

Lurah Pancoran Mas Moh Soleh menyampaikan kondisi sosial masyarakat di Kelurahan sangat kompak terbukti pada saat pelaksanaan Pra musrenbang kelurahan yang berjalan sangat dinamis, serta menghasilkan output yang telah tercatat di sistem informasi perangkat Daerah. Hasil dari pra musrenbang ini nantinya akan menjadi bahan pada saat pelaksanaan musrenbang Kelurahan yang rencananya dilaksanakan 11 Januari 2023 mendatang.

Bacaan Lainnya

Soleh menuturkan, Konsep perencanaan pembangunan tahun 2024 Kelurahan Pancoranmas adalah Memantapkan kehidupan Kota Depok yang Maju, Berbudaya dan Sejahtera melalui peningkatan pelayanan dasar. Sehingga nantinya potensi lingkungan, budaya dan industri kreatif serta pengembangan perekonomian masyarakat.
“Konsep ini  bertujuan untuk mempercepat dan meningkatkan angka kesejahteraan masyarakat, mengurangi tingkat kemiskinan dan mengurangi kesenjangan pendapatan masyarakat,” kata Soleh ketika ditemui di sela sela acara pra musrenbang, Minggu (08/01/2023).

Tahapan sebelum dilaksanakan Pra Musrenbang di Kelurahan, sebelumnya sudah dilaksanakan rembug warga di tingkat RT, RW dan dibahas. Selanjutnya usulan direkap oleh Tim dan menjadi bahan dalam pencermatan dan pembahasan di Pra Musrenbang.

Dalam tahapan ini masih dilakukan pencermatan dan klarifikasi usulan kegiatan untuk nantinya dibahas dalam Musrenbang dan diharapkan akan menghasilkan perencanaan kegiatan pembangunan Kelurahan.
“Seluruh elemen masyarakat di Kelurahan Pancoran Mas (Panmas) sepakat mengikuti arahan Pemerintah Kota Depok untuk melaksanakan kegiatan dalam petunjuk teknis (juknis) Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tahun 2024,” ungkapnya.

Soleh menjelaskan, pihaknya telah merencanakan beberapa sub kegiatan dalam menu wajib yang menjadi prioritas pembangunan tahun depan. Mayoritas di antaranya adalah kegiatan yang berkaitan dengan pemberdayaan masyarakat.
“Sesuai tema kami fokus pada memantapkan kehidupan Kota Depok yang Maju, Berbudaya dan Sejahtera melalui peningkatan pelayanan dasar. Kami maksimalkan kegiatan dalam menu wajib tentunya sisanya arahkan ke menu pilihan,” jelasnya.

Kata Lurah ada peningkatan akses dan kualitas pendidikan, kesehatan, dan layanan dasar lainnya, menjaga kestabilan perlindungan sosial, peningkatan infrastuktur perekonomian dan sarana prasarana sosial.

Kemudian lanjutnya, pemulihan ekonomi melalui pemantapan industri kreatif masyarakat untuk terciptanya kemandirian sosial ekonomi. Sehingga pengembangan ekonomi kreatif ke depan sangat memungkinkan.

Soleh juga mengapresiasi kegiatan Pra Musrenbang Kelurahan dan berharap perjuangan mengusulkan program-program demi kemasyarakatan, rakyat, dan seluruh yang membutuhkan bisa menjadi investasi ibadah bagi kita semua.
“Alhamdulillah Pra Musrenbang kali ini para stekholder antusias mengikuti acaranya, usulan banyak sekali dan nanti kita akan bahas di Musrenbang Kelurahan,” utasnya. (adi).