Peringati HUT Pramuka Ke 61 Kwarcab Kota Depok Launching KTA Online Bagi Seluruh Anggota Pramuka

DEPOKUPDATE.ID, DEPOK – Hari Ulang Tahun (HUT) Pramuka yang diperingati setiap tanggal 14 Agustus dijadikan momentum untuk terus berkarya. Hari ini (28/09/2022) merupakan puncak kegiatan dan terdapat beberapa rangkaian acara.

HUT ke-61 Pramuka Tingkat Kota Depok Tahun 2022, menggelar di Aula Lantai 10, Gedung Dibaleka II, Rabu (28/09/22).
“Ya, hari ini puncak kegiatan HUT ke-61 Pramuka Tingkat Kota Depok,” kata Ketua Kwarcab Kota Depok, Nina Suzana.

“Ada beberapa rangkaian acara seperti donor darah dan lomba-lomba untuk Pramuka Berkebutuhan Khusus (PBK),” ujar Nina Suzana.

Bacaan Lainnya

Peluncuran Kartu Anggota Pramuka sekaligus memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Pramuka yang diperingati setiap tanggal 14 Agustus dijadikan momentum untuk terus berkarya.

“Ya, hari ini puncak kegiatan HUT ke-61 Pramuka Tingkat Kota Depok, kita meluncurkan KTA baru,” kata Ketua Kwarcab Kota Depok, Nina Suzana.

“Ini KTA pertama di Kota Depok, tapi ini bagi seluruh Anggota Pramuka di Kota Depok,” kata Nina Suzana, kepada awak media.

Menurutnya, setiap anggota Pramuka memiliki KTA yang menyatakan dirinya tercatat sebagai anggota Pramuka. KTA hanya berfungsi sebagai pengesahan keanggotaan.

Nina mengatakan, KTA Pramuka tetap tidak berubah fungsinya secara aturan. Namun fungsinya saja yang ditambah. “Dari sebelumnya hanya kartu yang menyatakan keanggotaan,” katanya.

Ia berharap, ke depan Kota Depok hanya memiliki satu kartu yang memiliki banyak manfaat.

Kak Nina juga mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah mendukung program Pramuka sehingga dapat berjalan dengan baik dan maksimal. Dirinya berharap, ke depan pembinaan untuk anggota Pramuka bisa terus dilakukan dalam mewujudkan generasi unggul untuk membangun negeri, khususnya Kota Depok.
“Pramuka tetap arahnya ke pembangunan karakter anak-anak bangsa dan ini tidak masuk dalam kurikulum pendidikan. Latihan-latihan yang ada di gugus depan menunjukan kekompakan, kerja sama, jiwa sosial dan kepedulian,” ucapnya. 
“Mudah-mudahan ini bisa terus dipupuk dalam jiwa Pramuka. Sekali lagi, selamat Hari Jadi ke-61 Pramuka,” tuturnya.

Sementara itu Ketua Harian Kwartir Daerah (Kwarda) gerakan Pramuka Jawa Barat (Jabar) Deni Nurdiana, mengapresiasi gerakan Pramuka Kota Depok. Pasalnya, anggota Pramuka di Kota Depok sangat aktif, dibuktikan dengan segudang kegiatan dan prestasi yang ditorehkan.
“Kami sangat apresiasi Pramuka Kota Depok. Meskipun masuk dalam kategori kota kecil, namun anggota Pramukanya luar biasa aktif,” ucap Deni usai kegiatan HUT ke-61 Pramuka Tingkat Kota Depok Tahun 2022, di Aula Lantai 10, Gedung Dibaleka II, Rabu (28/09/22).

Dikatakannya, hal ini bisa terjadi mengingat Kota Depok merupakan penyangga ibu kota. Selain itu, wilayah Cibubur yang memiliki bumi perkemahan, sebagian masuk wilayah Depok. Sehingga, memungkinkan anggota Pramuka Kota Depok untuk ikut melakukan kegiatan di lokasi tersebut.
“Wilayah Cibubur sebagian masuk Kota Depok. Ini menjadi salah satu faktor keaktifan anggota Pramukanya. Karena dekat, jaraknya terjangkau,” terangnya.

Deni juga menyebut, saat peringatan HUT ke-60 Tingkat Nasional tahun lalu, anggota Pramuka Kota Depok didapuk menjadi petugas upacara. Tentunya, menjadi suatu kehormatan, mengingat tidak semua Kwartir Cabang (Kwarcab) mendapatkan kesempatan yang sama.
“Tahun ini juga Walikota Depok Mohammad Idris sebagai Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Kota Depok mendapatkan penghargaan Panca Warsa dari Gubernur Jabar. Penghargaan ini disematkan, kepada insan Pramuka atas kesetiaannya kepada Pramuka selama lima tahun atau kelipatannya secara terus menerus,” ungkapnya.

“Dari 27 Kota/Kabupaten, hanya sembilan Kwarcab yang mendapatkan penghargaan ini. Mudah-mudahan Pramuka Kota Depok bisa mempertahankan dan terus meningkatkan kekompakan,” ujarnya.

Di tempat yang berbeda Wakil Walikota Depok H. Imam Budi Hartono, mempunyai keinginan untuk membangun area Bumi Perkemahan untuk mendukung kegiatan serta aktifitas Pramuka.

Tak tanggung-tanggung, IBH, sapaan akrab Wakil Walikota Depok tersebut menyebutkan akan membangun Bumi Perkemahan seluas 2 Hektar.

“Saya mengapresiasi Pramuka dan berkeinginan untuk membangun Bumi Kemah untuk giat Pramuka,” ujar IBH.

Lebih lanjut IBH paparkan bahwa luas dua hektar tersebut meliputi 1/2 hektar untuk bumi kemah wanita, 1/2 hektar untuk kemah laki-laki serta 1 hektar untuk berbagai fasilitas pendukung dan juga gedung serbaguna.

“Diharapkan para pengembang yang ada di Kota Depok untuk turut serta dalam perwujudan Bumi Kemah Pramuka dengan memberikan fasos fasumnya,” pungkasnya. (adi).