Peringati Hari Sumpah Pemuda Camat Pancoran Mas Lepas Karnaval Budaya Kelurahan Depok

DEPOKUPDATE.ID, Pancoran Mas – Menampilkan budaya-budaya kearifan lokal, perhelatan Festival Depok Keren (FDK) Kelurahan Depok Kecamatan Pancoran Mas digelar di lapangan depan pintu masuk GDC, Sabtu (29/10/2022). Diawali dengan Karnaval budaya peserta dari seluruh RW se-Kelurahan Depok.

Acara Festival Depok Keren Kelurahan Depok dengan diawali karnaval budaya di lepas langsung Camat Pancoran Mas Syaiful Hidayat, didampingi Lurah Suherman dengan di hadiri sekel, jajaran Kelurahan, para Ketua RT, RW, LPM, TP PKK, para Kader dan tak lupa penyelenggara Karang Taruna Kelurahan.
Berbagai perlombaan diusung dalam kegiatan yang berlangsung, masyarakat yang hadir pun antusias dan meriah.

Camat Pancoran Mas Syaiful Hidayat dalam kesempatan itu mengatakan, mengapresiasi gelaran karnaval budaya Kelurahan Depok.
“Saya mengapresiasi kegiatan ini, sebab panitia nya semuanya anak muda yang ada di karang taruna, ini patut kita hargai di hari sumpah pemuda gairah anak muda harus kita bangkitkan, sehingga nanti Kota Depok akan Maju, Berbudaya dan Sejahtera, sesuai visi misinya Walikota Depok,” kata Syaiful, Sabtu (29/10/2022) usai melepas karnaval budaya ini.

Ketua panitia kegiatan, Kelik Agung mengatakan, persiapan yang dilakukan untuk perhelatan FDK Kelurahan Depok ini sudah dilakukan dari tiga pekan yang lalu. Persiapan yang paling utama adalah tenaga dari pemuda seluruh Kelurahan Depok untuk saling bahu membahu, agar kegiatan ini berjalan dengan baik.

Camat Pancoran Mas melepas karnaval budaya kelurahan Depok, didampingi Lurah Suherman

“Selanjutnya, persiapan berupa pendirian stan bagi tamu yang hadir maupun stan untuk penggiat Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), sedangkan persiapan untuk panggung hiburan dibangun dalam waktu sehari sebelum kegiatan berlangsung,” ungkap Kelik.

Bacaan Lainnya

Kelik mengungkapkan, stan umkm yang didirikan sebanyak 20, 15 stan diantaranya dari RW Kelurahan Depok dan 5 nya lagi dibuka untuk umum, tentu hal ini dilakukan untuk meningkatkan taraf ekonomi bagi penggiat UMKM yang hadir.

“Inilah para pemuda karang taruna Kelurahan terus berkreasi, untuk memajukan Kelurahan Depok, Alhamdulillah untuk tamu-tamu yang hadir sangat di luar ekspetasi kami,” jelasnya.

Perhelatan ini bersinergi dengan pihak Kelurahan, pengurus-pengurus lingkungan sekitar, Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM), pihak kepolisian sebagai keamanan, dan masih banyak lagi.
“Kegiatan yang berlangsung terdiri dari lomba yel-yel karnaval, lomba mewarnai tingkat balita, workshop pendidikan anak yang bertemakan lingkungan sekitar baik dari sumpah pemuda serta cara main dan berpikir, kemudian tak luput juga doorprize berupa peralatan rumah tangga turut diberikan kepada warga yang hadir, dan masih banyak kegiatan yang lainnya. Kemudian, acara ditutup dengan pertunjukkan musik,” tegasnya.

Di lokasi yang sama, Lurah Depok Suherman mengatakan, FDK Kelurahan Depok ini sebenarnya adalah kegiatan pertama kalinya yang diadakan dari pengurus Karang Taruna (Katar) Kelurahan Depok.
“Tentunya ini di luar prediksi dan dugaan saya, karena masyarakat begitu antusias. Apalagi konsep dan tema yang diusung ini benar-benar sesuai, Hari Sumpah Pemuda,” ungkapnya.

Suherman menuturkan, kegiatan yang berlangsung dari pagi hingga sore ini memang untuk dikonsumsi masyarakat bersama.
“Saya tentunya sangat mengapresiasi masyarakat yang ada seperti Katar, LPM, Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK), pengurus-pengurus lingkungan yang ada, serta institusi-institusi yang sudah berkolaborasi. Mereka sudah cukup baik menggelar perhelatan ini dengan sempurna,” ujarnya.

Lanjutnya, kerjasama-kerjasam seperti itulah yang harusnya ditumbuhkan, karena suksesnya acata berjalan tidak bisa dilakukan tanpa pihak lain yang membantu.
“Sehingga, dengan sinergitas itulah hasil yang diraih cukup memuaskan dengan acara yang sudah dibangun,” kata Herman.

Suherman mengucapkan, tujuan diadakannya FDK ini untuk mengedukasi masyarakat, dan menampilkan budaya-budaya yang membawa kearifan lokal, serta meningkatkan juga taraf ekonomi bagi penggiat UMKM yang hadir disini. Saya berharap ditahun ini, Kelurahan Depok ke depannya bisa lebih Maju, Berbudaya dan Sejahtera,” tutupnya. (adi).