Peringati Hari Sumpah Pemuda 2023, RS GPI Kolaborasi Bersama Bike to Work Nempuh Jarak 50 KM Sukses Menggelar Gowes Kebangsaan

Penulis: Adi Apeng
Editor: Adi

depokupdate.id, Depok – Direktur RS Graha Permata Ibu (GPI) dr. Siti Lestariningrum (dr. Ningrum) bersama Komunitas Bike to Work (B2W) Nanda Putra Azhar melepas peserta Gowes Kebangsaan di lapangan parkir RS GPI di jalan KH.M Usman, jalan raya Kukusan, Kecamatan Beji Kota Depok.

Kegiatan yang menyedot perhatian warga yang hobi bersepeda tersebut di gelar, selain itu pula menyediakan stand UMKM di area RS GPI, pada Sabtu (28/10/2023) sore.

Olahraga sepeda memang tengah menjamur saat ini dan jadi salah satu hobi baru khususnya kalangan milenial. Bersepeda jadi sarana untuk mencari keringat paling aman.

Direktur RS Graha Permata Ibu (GPI) dr. Siti Lestariningrum mengatakan, bahwa kolaborasi RS GPI dengan Komunitas yang ada di Kota Depok mulai terjalin, hal ini menurutnya sebagai bukti RS GPI dalam pemberdayaan masyarakat terutama mengenai Kesehatan.

Bacaan Lainnya

“Ini salah satu peran rumah sakit dalam kesehatan masyarakat bukan hanya kuratif, namun juga preventif dalam pencegahan dan rehabilitatif, inilah perlunya kolaborasi dengan B2W yang mengedepankan olahraga kesehatan lingkungan,” kata dr. Siti Lestariningrum, kepada media usai melepas peserta Gowes Kebangsaan, Sabtu (28/10/2023).

Direktur RS Graha Permata Ibu (GPI) dr. Siti Lestariningrum

dr. Ningrum apaan akrabnya menuturkan, dengan adanya kegiatan Gowes Kebangsaan ini di harapkan dapat mengundang animo masyarakat untuk bergerak olahraga dengan menghidupkan semangat jiwa para pemuda demi hidup yang lebih sehat.

“Kami gelar kegiatan ini, kami ajak komunitas sepeda B2W. Kami senang dengan kegiatan ini, karena benar terasa manfaatnya, harus tetap sehat dengan berolahraga bersepeda. Kalau mau olahraga yang lain juga tidak masalah, yang penting terus berolahraga digaungkan, terutama untuk anak muda,” tutur dr. Ningrum.

Disisi lain, dr Ningrum menambahkan guna memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk memantau kesehatan, GPI miliki program preventif atau pencegahan kesehata.

“Jadi RS GPI punya layanan unggulan di setiap hari yaitu Medical Check Up (MCU), untuk mengetahui kondisi tubuh kita sediakan harga spesial untuk masyarakat umum,” jelas Ningrum.
“Ada pula paket MCU student itu sangat cocok untuk para anak muda yang ingin secara preventif menjaga kesehatan,” tambahnya.

Wanita yang memiliki jiwa sosial menambahkan, RS GPI salah rumah sakit yang sering melakukan kegiatan sosial.
“Selama event ini untuk masyarakat, kami sangat mendukung, sehat itu harus kita jaga,” ucap Ningrum.

Sementara itu Ketua Bike to Work (B2W) Nanda Putra Azhar, ketika di temui mengatakan, kolaborasi B2W bersama RS GPI untuk yang ketiga kalinya, mendukung kegiatan Gowes Kebangsaan, menempuh jarak 50 KM, perjalanan gowes selama 3 jam kembali ke finis.
“Bentuk perhatiannya yang diberikan misalnya edukasi kesehatan oleh dokter, pemeriksaan kesehatan gratis, tenaga medis, dan ambulance yang berjaga selama kegiatan berlangsung,” papar Nanda.
“Ada juga bazar UMKM yang menyediakan berbagai makanan dan produk khas Depok,” tambahnya.

Rombongan melewati rute jalan raya Kukusan, jalan Nusantara ARH, Margonda Raya. Dari situ, peserta melanjutkan kayuhan sepedanya ke Jakarta Timur, menuju arah Monas, melewati bundaran HI, tugu ibu, Jakarta Utara, Jakarta Selatan dan kemudian rute memutar kembali . Total rute yang dilalui mencapai 50 kilometer lebih dengan finish kembali ke RS GPI melewati jalur yang tak berbeda jauh dengan keberangkatan.

Di akhir acara, Nanda meminta para pemuda dan pemudi untuk menjaga kesehatan saat beraktivitas, sekaligus tetap kreatif di tengah masyarakat global.

“Kegiatan sepeda ini sebagai race awareness untuk mengajak pemuda dan masyarakat tetap aktif berolahraga, karena itu di setiap sepeda kami bawa poster kampanye untuk tetap jaga imun tubuh dengan berolahraga, salah satunya bersepeda ini,” tutur Nanda.

“Melalui Gowes Kebangsaan ini mari kita bersama-sama memperkuat komitmen kita untuk persatuan, persaudaraan, bergotong royong, menjadi pemuda pemudi bangsa berkualitas,” tuturnya.

Selain itu dalam kegiatan ini dimeriahkan lomba-lomba dan pembagian doorprize mulai dari aksesoris sepeda, tidak ada hadiah utama semuanya sama. (**).